Empat Pulau Tersambung Kabel Laut

Empat Pulau Tersambung Kabel Laut
Empat Pulau Tersambung Kabel Laut
JAKARTA - Empat pulau di Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu Sengigi di Pulau Lombok dan tiga pulau kecil yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air terhubungkan dalam satu sistem interkoneksi jaringan kabel bawah laut. Dengan begitu, pulau-pulau yang menjadi tujuan parawisata dunia ini tidak lagi menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD).

Penghematan biaya operasional yang didapat PLN dihentikannya operasi PLTD di tiga Gili adalah Rp 21 miliar rupiah per tahun, sekarang menggunakan suplai listrik dari PLTU (pembangkit listrik tenaga uap) Jeranjang," ujar Manajer Komunikasi Korporat PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Bambang Dwiyanto. Listriknya dialirkan memakai kabel bawah laut sepanjang kurang lebih 10 kilometer.

Saluran Kabel Laut Tegangan Menengah (SKLTM) 20 KV yang dihubungkan secara "loop" tersebut menggunakan kabel laut 3x95 milimeter dengan dua sirkuit berkapasitas 9,7 MVA. Sementara itu, pasokan listrik ke ketiga Gili tersebut selain disuplai dari sistem kelistrikan Lombok juga disuplai dari PLTS (tenaga surya) komunal yang telah beroperasi selama ini,"Total daya terpasang 1.125 kilo Watt peak (KWp)," tuturnya.

Selain menghentikan pengoperasian PLTD di Gili Trawangan, PLN juga menghentikan pengoperasian PLTD yang ada di Gili Meno dan Gili Air. Total 16 unit mesin diesel dengan daya mampu 3000 kW dihentikan pengoperasiannya seiring kehadiran interkoneksi jaringan kabel bawah laut ini,"Melalui interkoneksi kabel bawah laut ini, maka listrik ke tiga Gili ini akan semakin kuat dari sisi pasokannya, karena mendapat suplai listrik dari sistem Lombok," cetusnya.

JAKARTA - Empat pulau di Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu Sengigi di Pulau Lombok dan tiga pulau kecil yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News