Empu Sungkowo, Satu-satunya Empu Keris Jogjakarta

Sudah Full Order hingga 2012

Empu Sungkowo, Satu-satunya Empu Keris Jogjakarta
Empu Keris- Kegiatan pembuatan keris pusaka sangat langka ditemui saat ini. di Jogjakarta hanya satu orangf keturunan Empu Supo ( empu kerajaan Majapahit ) yang masih menggeluti bidang itu. Dia adalah Sungkowo Harumbradja. Foto : Boy Slamet/Jawa Pos
Empu Sungkowo Harum Brojo benar-benar seorang empu keris tulen. Dia membuat keris dengan jiwa-raganya. Keris dibikin satu per satu dengan laku khusus, diracik dengan batu meteor pada sebuah tungku sederhana. Pun, dia merampungkan keris sesuai dengan jiwa pemesan. Langka.

------------------------------------------------------------

KARDONO SETYORAKHMADI, Jogjakarta

-----------------------------------------------------------

SUNGKOWO Harum Brojo memang punya gen empu yang sudah kawak (lama). Kakek buyut dari kakek buyut dari kakek buyutnya, begitu terus hingga 16 generasi, adalah Mpu Supa. Ya, Sungkowo adalah keturunan ke-17 pembuat keris Sengkelat yang legendaris pada zaman Majapahit itu.

Kebanggaan tentang silsilah tersebut tergambar jelas pada pohon silsilah keluarga yang digantung di tembok ruang tamunya. Nah, darah empu yang menetes paling dekat ke tubuh pria 56 tahun tersebut berasal dari ayahnya, Empu Djeno Harum Brojo.

Empu Sungkowo Harum Brojo benar-benar seorang empu keris tulen. Dia membuat keris dengan jiwa-raganya. Keris dibikin satu per satu dengan laku khusus,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News