Emrus Ungkap Kunci Sukses Golkar Lampaui Target Kemenangan di Pilkada 2020 

Emrus Ungkap Kunci Sukses Golkar Lampaui Target Kemenangan di Pilkada 2020 
Pengamat politik Emrus Sihombing. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Emrus Sihombing merespons klaim kemenangan melebihi target Partai Golkar di Pilkada Serentak 2020.

Partai Golkar yang dinakhodai Airlangga Hartarto, meraih sukses luar biasa karena mampu melampaui target yang ditentukan pada Pilkada Serentak 2020.

Target awal menang di 162 (60 persen) daerah, tetapi berdasarkan hitung cepat hasil sementara, Partai Golkar mampu memenangi pilkada di 165 atau 60 persen lebih dari 270 daerah.

"Kemenangan tersebut, menurut saya, dari aspek komunikasi politik ditentukan oleh dua kelompok variabel yang saling menguatkan," kata Emrus, Sabtu (12/12).

Kelompok pertama, kepemimpinan ketum Partai Golkar yang setidaknya dengan dua variabel utama.

Pertama, kepemimpinan ketum Partai Golkar yang smart dan jeli sehingga mampu menyodorkan sosok kader tertentu yang memiliki daya saing tangguh mengikuti  persaingan yang sangat ketat dalam kompetisi pilkada kali ini.

Kedua, kepiawaian ketum Partai Golkar melakukan  supervisi dan senantiasa mengevaluasi program yang ditawarkan para kandidat yang diusung di setiap wilayah.

Kompok kedua, lanjut Emrus, variabel yang dimiliki dari sosok para kandidat.

Partai Golkar yang dinahkodai Airlangga Hartarto, meraih sukses luar biasa karena mampu melampaui target yang ditentukan pada Pilkada Serentak 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News