Enam Makanan yang Dipercaya Memperpanjang Usia

Enam Makanan yang Dipercaya Memperpanjang Usia
Makanan sehat. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com - Kata orang, umur siapa yang tahu. Manusia memang tidak memiliki kendali penuh atas seberapa lama kita hidup di dunia. Tetapi, ada sejumlah cara yang bisa diusahakan manusia supaya bisa hidup dengan umur panjang.

Salah satu caranya yang termudah adalah mengatur menu makan. Semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pola makan sehat sangat berperan penting untuk menentukan seberapa lama Anda hidup dan apakah Anda hidup sehat atau “ditemani” sejumlah penyakit yang memperpendek usia.

Ingin makan enak untuk umur panjang dan hidup sehat? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Prevention, Selasa (15/1).

1. Fatty fish

Kita selalu menganggap ikan sebagai makanan otak dan untuk alasan yang bagus. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam ikan yang disebut karotenoid bisa melindungi terhadap penyakit neurologis.

Plus, sebuah studi baru yang diterbitkan di The BMJ menemukan bahwa omega-3 yang terkandung dalam ikan berlemak — seperti salmon, tuna dan sarden — bisa membantu Anda menjalani kehidupan yang lebih panjang dan lebih sehat.

Setelah menganalisis data dari lebih dari 2.600 orang dewasa Amerika dengan usia rata-rata 74 tahun, peneliti dari Tufts University menemukan orang dengan tingkat omega-3 yang lebih tinggi dalam darah mereka (artinya mereka makan setidaknya dua porsi ikan per minggu) memiliki 18 persen lebih rendah risiko penuaan yang tidak sehat.

Itu berarti mereka kurang cenderung menderita penyakit kronis (seperti penyakit jantung dan kanker), mengalami penurunan kognitif atau keterbatasan fisik atau memiliki masalah menjalani kehidupan sehari-hari mereka.

Ingin makan enak untuk umur panjang dan hidup sehat? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Prevention, Selasa (15/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News