Erdogan Ancam Tenggelamkan Kapal Yunani di Laut Mediterania

Erdogan Ancam Tenggelamkan Kapal Yunani di Laut Mediterania
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto: AFP

jpnn.com, ANKARA - Presiden Turki Tayyip Erdogan memberikan peringatan kepada Yunani bahwa pihaknya tidak akan segan-segan melakukan aksi balasan jika terjadi serangan terhadap kapal survei seismik Oruc Reis di Mediterania bagian timur.

Erdogan menyebut bahwa Kemal Reis, salah satu kapal perang yang mendampingi Oruc Reis, telah memberikan respons yang diperlukan terhadap sebuah serangan dari kapal Yunani pada Kamis (13/8).

"Jika hal ini berlanjut terus, mereka kan menerima respons yang serupa," kata Erdogan kepada wartawan, Jumat (14/8).

Turki dan Yunani tengah berada dalam situasi tegang akibat klaim tumpang tindih atas sumber daya hidrokarbon di kawasan itu, terlebih setelah Turki meluncurkan operasi untuk eksplorasi di perairan sengketa tersebut pada Senin (10/8).

Terkait perselisihan ini, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu meminta Prancis untuk menahan diri dari mengambil langkah yang bisa meningkatkan ketegangan, merespons latihan militer bersama yang dilakukan oleh Prancis dan Yunani di kawasan.

Sementara itu, Swis menawarkan diri untuk menjadi mediator--secara prinsip, hal ini telah disetujui oleh Turki, menurut Cavusoglu. (ant/dil/jpnn)

Presiden Turki Tayyip Erdogan memberikan peringatan kepada Yunani untuk tidak macam-macam di Laut Mediterania


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News