Erdogan Berulah, Lira Turki Menyentuh Titik Terendah Sepanjang Masa

Erdogan Berulah, Lira Turki Menyentuh Titik Terendah Sepanjang Masa
Pernyataan Presiden Tayyip Erdogan terkait pengusiran Dubes AS dan sembilan negara Barat lain berdampak pada anjloknya Lira Turki. Ilustrasi: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Pernyataan Presiden Tayyip Erdogan terkait pengusiran Dubes AS dan sembilan negara Barat lain berdampak pada anjloknya Lira Turki.

Mata uang Turki itu anjlok 1,6 persen terhadap USD.

Pelemahan Lira Turki terhadap USD mencapai rekor terendah awal perdagangan Asia, Senin pagi (25/10).

Mata uang Lira telah mencapai rekor terendah pekan lalu setelah bank sentral Turki (CBRT) memangkas kebijakan suku bunganya sebesar 200 basis poin, meskipun inflasi meningkat.

Langkah mengejutkan itu pun banyak diejek sebagai hal sembrono oleh para ekonom dan anggota parlemen oposisi.

Lira mencapai titik terendah sepanjang masa di 9,75 pada Minggu (24/10) pukul 18.40 GMT, melemah dari penutupan Jumat (22/10) di 9,5950.

Dua bankir mengaitkan pelemahan awal dengan komentar Erdogan pada hari Sabtu. Lira Turki bahkan telah turun hampir 24 persen sepanjang tahun ini.

“Saya khawatir, untuk pasar keuangan Turki pada Senin. Lira pasti akan berada di bawah tekanan jual yang ekstrem,” kata pengamat pasar veteran negara berkembang Tim Ash di BlueBay.

Pernyataan Presiden Tayyip Erdogan terkait pengusiran Dubes AS dan sembilan negara Barat lain berdampak pada anjloknya Lira Turki.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News