Erick Thohir: Kementerian BUMN Makin Transparan dan Informatif

Erick Thohir: Kementerian BUMN Makin Transparan dan Informatif
Menteri BUMN Erick Thohir menjawab pertanyaan wartawan di sela-sela Mandiri Investment Forum di Jakarta, Selasa (5/3/2024). (ANTARA/Shofi Ayudiana)

jpnn.com - BOGOR - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa Kementerian BUMN makin transparan dan informatir.

Erick Thohir menyebut tranformasi pada Kementerian BUMN telah membawa sejumlah perubahan, salah satunya peningkatan keterbukaan informasi publik (KIP).

Menurut dia, BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) yang sudah memasuki tahun keempat, menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan transparansi terhadap publik.

"Ini bagian kami terus mendorong keterbukaan informasi sebagai bagian dari tata kelola perusahaan yang baik," ujar Erick melalui keterangan yang diterima di Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/3). 

Adapun peningkatan keterbukaan informasi pada Kementerian BUMN naik 2.500 kali lipat pada 2024 jika dibandingkan dengan 2019.

Erick menyebut, saat ini hanya tersisa enam BUMN dengan status tidak informatif yakni Inalum, Perum Bulog, Reasuransi, Danareksa, PT Bahana Pembina Usaha Indonesia (BPUI) dan Asabri.

"Mungkin ada beberapa perusahaan, seperti Danareksa juga tidak bisa memberikan informasi secara berkala. Akan tetapi kalau Bulog, saya rasa sekarang sangat informatif dengan kepemimpinan Pak Bayu, dia sudah melakukan sosialisasi yang baik," katanya.

Kementerian BUMN telah memiliki laporan keuangan secara konsolidasi untuk pertama kali sepanjang sejarah. Erick menyebut, berbagai inisiatif ini merupakan bentuk tanggung jawab BUMN terhadap publik.

Menteri Erick Thohir menegaskan bahwa Kementerian BUMN makin transparan dan informatif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News