Erick Thohir: Satgas Bencana BUMN, Perkuat Integrasi dan Peran untuk Indonesia

Erick Thohir: Satgas Bencana BUMN, Perkuat Integrasi dan Peran untuk Indonesia
Erick Thohir mengatakan Kehadiran Satgas Bencana Nasional BUMN makin memperkuat integrasi sistem bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana. Foto: Dok. Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kehadiran Satgas Bencana Nasional BUMN yang diinisiasi Kementerian BUMN sejak dua tahun lalu semakin memperkuat integrasi sistem bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana.

Erick Thohir mengatakan melalui Satgas Bencana Nasional BUMN sistem penyaluran bantuan berada dalam satu komando sehingga tuntutan penanganan bencana, korban, pemulihan ekonomi, dan dampak sosial yang ditangani dapat dilakukan dalam waktu bersamaan dengan lebih baik.

Menurut Erick sistem bantuan dari BUMN akan lebih terintegrasi sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran dan dapat membantu korban bencana.

"Saya berharap dengan adanya kolaborasi dari BUMN dan kerja keras bersama Satgas Bencana Nasional BUMN kita dapat bersama-sama membantu korban bencana dengan lebih terarah, terintegrasi. Terpenting solutif dan ada hasil konkret. Dari semangat BUMN inilah kita bisa memposisikan tagline kita ‘BUMN untuk Indonesia,” kata Erick dalam Rapat Koordinasi Satgas Bencana Nasional BUMN 2022 yang dilaksanakan secara hybrid, Selasa (8/2).

Erick pun menekankan BUMN harus berperan lebih besar, yaitu dengan memikirkan solusi jangka menengah dan jangka panjang saat menghadapi bencana.

Misalnya, relokasi hunian, perbaikan fasilitas umum dan sosial, rehabilitasi usaha warga dan ekonomi, serta yang tidak kalah penting adalah pendidikan bagi anak-anak di lokasi bencana. 

Dia mencontohkan, kuatnya integrasi BUMN dalam memberikan bantuan saat bencana yaitu saat bencana erupsi Gunung Semeru beberapa waktu yang lalu.

Erick mengapresiasi langkah cepat Satgas Bencana Nasional BUMN yang terlibat dalam membangun lima posko, membantu 3.200 pengungsi dan melibatkan 138 relawan. Hal itu, kata dia, membuktikan BUMN hadir untuk rakyat.

Kehadiran Satgas Bencana Nasional BUMN yang diinisiasi Kementerian BUMN sejak dua tahun lalu makin memperkuat integrasi sistem bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News