Esemka Bakal Dijadikan Mobil Nasional? Jokowi Bilang Begini

Esemka Bakal Dijadikan Mobil Nasional? Jokowi Bilang Begini
Presiden Jokowi meresmikan pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9). Foto: FB Setkab RI

jpnn.com, BOYOLALI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melempar pertanyaan jurnalis kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, saat ditanya apakah mobil Esemka akan dijadikan mobil nasional (mobnas).

"Tanya Pak Menperin," kata Jokowi usai meresmikan pabrik serta sarana dan prasarana produksi PT Solo Manufaktur Kreasi, atau yang dikenal luas dengan produk Esemka di Boyolali, Jawa Tengah pada Jumat (6/9/2019).

BACA JUGA: Rahmatullah Akhirnya Divonis Hukuman Mati

Mantan wali kota Solo itu juga memastikan bahwa pengembangan industri mobil Esemka itu dilakukan investor tanpa campur tangan pemerintah.

"Enggak ada, ini adalah akan lebih baik kalau perusahaan swasta, ya mandiri. Berani berkompetisi. Akan bisa survive kalau punya produksi baik. Tetapi memang punya keunggulan, ini brand dan principal Indonesia," jelas Presiden ketujuh RI itu.

Selain menyaksikan proses perakitan yang berlangsung di pabrik tersebut, Jokowi juga sempat menjajal model angkutan niaga Esemka bernama Bima yang dikemudikan oleh Menperin Airlangga. Mobil pikap itu berkapasitas mesin 1.200cc.

BACA JUGA: Anak Tiri Disiksa, Dimasukin Karung Goni Lalu Digantung, Jasadnya Dikubur di Lereng Bukit

Soal kualitas, produksi pertama Esemka itu menurutnya cukup baik termasuk desainnya. Kalaupun ada kekurangan, itu menurutnya wajar karena produk perdana. Hal lain yang menjadi perhatiannya adalah masalah harga jualnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melempar pertanyaan jurnalis kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, saat ditanya apakah mobil Esemka akan dijadikan mobil nasional (mobnas).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News