Berharap Esemka Bisa Jadi Ladang Berkarya Para Insinyur Tanah Air

Berharap Esemka Bisa Jadi Ladang Berkarya Para Insinyur Tanah Air
Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9). FOTO: Aloysius Jarot Nugroho/antara

jpnn.com, BOYOLALI - Presiden Joko widodo (Jokowi) meresmikan pabrik Esemka sekaligus fasilitas produksi otomotif karya anak bangsa PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9) pagi.

Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) pun menyambut baik akan kehadiran pabrik mobil yang merupakan karya SMK di Solo dan sekitarnya tersebut.

BACA JUGA: Jokowi Resmikan Pabrik Esemka, Rocky Gerung Beri Tanggapan Begini

Mereka berharap kehadiran Esemka ini ke depannya bisa menjadi ladang berkarya bagi insinyur Tanah Air.

“Dengan punya merek mobil sendiri, insinyur-insinyur kita akan bisa melakukan riset dan pengembangan sendiri sehingga ini memberikan ladang tempat berkarya bagi insinyur-insinyur kita,” kata Direktur Re-industrialisasi Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Achmad Rizal yang dihubungi di Jakarta, Jumat.

Menurut Rizal, saat ini di Indonesia terdapat sejumlah pabrik mobil yang sayangnya didominasi oleh fasilitas perakitan. Kondisi tersebut dinilainya tidak bisa memberikan kesempatan insinyur lokal untuk mengembangkan produk sendiri karena membutuhkan persetujuan kantor pusat pabrikan otomotif.

“Jadinya insinyur kita hanya jago merakit kendaraan. Mereka tidak punya kesempatan di bidang pengembangan produk karena semua diatur kantor pusat di luar negeri,” imbuhnya.

Rizal berharap keberadaan industri otomotif lokal seperti Esemka bisa didukung penuh oleh semua kalangan, tudak hanya pemerintah tapi juga masyarakat.

Presiden Joko widodo (Jokowi) meresmikan pabrik Esemka sekaligus fasilitas produksi otomotif karya anak bangsa PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9) pagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News