Jokowi Luncurkan Mobil Esemka Bima, Masih Ada Rasa Tiongkok?

Jokowi Luncurkan Mobil Esemka Bima, Masih Ada Rasa Tiongkok?
Presiden Jokowi menjajal mobil Esemka di fasilitas perakitannya di Boyolali, Jumat (6/9). Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi bersama sejumlah Menteri Kabinet Kerjanya turut meresmikan produk dan fasilitas manufaktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9).

Bersamaan peresmian manufaktur, Presiden Direktur Esemka, Eddy Wirajaya dan pencetus mobil Esemka Sukiyat membuka prosesi peluncuran produk mobil niaga Esemka jenis pikap, Bima 1.200 cc dan Bima 1.300 cc.

Sejak pertama kali Esemka didengungkan oleh Sukiyat di Solo pada 2012, publik tanah air menyikapi beragam terhadap mobil merek Esemka. Ada yang mendukung, tetapi tak sedikit pula yang memberikan komentar bernada miring, salah satunya menyebut Esemka produk Tiongkok.

Jokowi Luncurkan Mobil Esemka Bima, Masih Ada Rasa Tiongkok?
Changan Star Truck

Melihat tampilan luar Esemka Bima yang baru saja dirilis, memang sulit untuk mencari perbedaannya dengan pikap lansiran Changan model Star Truck. Kecuali bagian bumper bawah di bagian lampu kabut.

Pikap Star Truck sendiri menjadi produk kendaraan niaga paling terjangkau dari seluruh lini produk Changan. Ditawarkan dalam dua varian mesin 1.2L 14 DOHC dan 1.3L 14 DOHC. Changan sendiri menyediakan Star Truck dalam tiga varian, kabin & sasis, pickup dropside, dan jenis van kotak.

Dimensi Star truck memiliki panjang 4.660 mm, lebar 1.620 mm, dan tinggi 1.890 mm, mengutip laman resmi globalchangan.

Lantas, mari dibandingkan dengan Esemka Bima yang juga ditawarkan dalam dua varian mesin, 1.2L DOHC dan 1.3L DOHC.

Sejak pertama kali Esemka didengungkan oleh Sukiyat di Solo, publik tanah air menyikapi beragam terhadap mobil merek Esemka. Ada yang mendukung, tetapi tak sedikit pula yang memberikan komentar bernada miring, salah satunya menyebut Esemka produk Tiongkok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News