Evakuasi Kapolda Jambi, Kapolri: Kami Berupaya Melakukan Modifikasi Cuaca

Evakuasi Kapolda Jambi, Kapolri: Kami Berupaya Melakukan Modifikasi Cuaca
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (21/2/2023). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

jpnn.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa cuaca berkabut menghalangi proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan di Kabupaten Kerinci, Jambi.

Polri tengah berupaya melakukan modifikasi cuaca untuk menghalau kabut yang mengganggu jarak pandang proses evakuasi yang pada Selasa (21/2) memasuki hari ketiga itu.

“Kami sedang berupaya bagaimana melakukan modifikasi cuaca sehingga kabut-kabut itu bisa dihilangkan dan pandangan terhadap lokasi tempat kejadian di Kabupaten Kerinci, Jambi, ini betul-betul terlihat jelas, sehingga evakuasi melalui udara bisa dilaksanakan dengan baik,” kata Kapolri Jenderal Listyo di Mabes Polri, Selasa (21/2).

Evakuasi melalui jalur udara lebih efektif daripada darat.

Sebab, medan dan jarak tempuh jalur darat bisa memakan waktu 12 jam berjalan kaki.

Sementara, sepeda motor trail tidak bisa melalui medan perbukitan.

Namun, kata Listyo, jika evakuasi jalur udara belum bisa dilakukan karena faktor udara, pihaknya menyiapkan tim SAR jalur darat untuk mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan.

“Saat ini kami telah menerjunkan kembali tim tambahan untuk mempersiapkan kemungkinan kami lakukan SAR darat,” ungkap mantan Kabareskrim Polri, itu.

Kapolri Jenderal Listyo mengatakan Polri tengah berupaya melakukan modifikasi cuaca untuk mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News