Lanud Roesmin Nurjadin Terjunkan Tim SAR dan Super Puma Bantu Evakuasi Helikopter Irjen Rusdi

Lanud Roesmin Nurjadin Terjunkan Tim SAR dan Super Puma Bantu Evakuasi Helikopter Irjen Rusdi
Helikopter jenis Bell 412 SP milik Lanud Roesmin Nurjadin saat tiba di Jambi. (ANTARA/HO-Lanud RSN)

jpnn.com - PEKANBARU - TNI AU dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru turut membantu proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan yang mengalami kecelakaan helikopter di perbukitan Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru menerjunkan tim Search and Rescue (SAR) dan Helikopter Super Puma untuk membantu proses evakuasi tersebut. Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI Setiawan menjelaskan pihaknya sudah mengirimkan tim SAR dan helikopter pagi ini.

“Kami kirimkan satu tim SAR dengan perlengkapan lengkap di pesawat untuk membantu evakuasi karena memang pesawat yang ada di Lanud Roesmin Nurjadin punya kemampuan untuk searching (pencarian) maupun evakuasi," kata Marsma Setiawan.

Helikopter jenis Bell 412 SP yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan mengalami masalah dan harus mendarat darurat di kawasan hutan. Para korban kecelakaan dilaporkan selamat, namun, mengalami luka-luka, seperti patah tulang.

Dia menjelaskan bahwa perlengkapan tersebut termasuk hoist (kerekan) untuk mengangkat dan menurunkan beban secara vertikal.

Lokasi jatuhnya helikopter yang berada di tengah hutan membuat pesawat belum tentu dapat langsung mendarat.

"Mungkin pakai hoist untuk upaya dievakuasi kalau melihat medannya yang ada di tempat kejadian," ungkap Marsma Setiawan.

Informasi terkini yang didapatkan Marsma Setiawan, tim sudah mendarat di Jambi.

Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru menerjunkan tim SAR dan Helikopter Super Puma untuk membantu proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News