Sabtu, 16 Februari 2019 – 04:59 WIB

Facebook Berantas Ribuan Akun Terkait Saracen di Indonesia

Jumat, 01 Februari 2019 – 23:46 WIB
Facebook Berantas Ribuan Akun Terkait Saracen di Indonesia - JPNN.COM

jpnn.com - Facebook mengumumkan telah menghapus sekitar 1.700 akun, laman, dan grup yang diduga terkait Saracen atau kelompok penyebar hoaks serta ujaran kebencian (hate speech) di Indonesia.

Facebook mendasarkan apda laporan Kepolisian RI pada 2016 bahwa akun-akun tersebut terlibat dalam coordinated inauthentic behaviour.

BACA JUGA: Facebook Akui Kesalahan Terkait Perlindungan Data Pengguna

Dalam laporan Facebook, terdapat 207 halaman, 800 akun, 546 grup dan 208 akun Instagram yang dinilai menjadi bagian dari kelompok Saracen.

"Akun-akun dan laman-laman ini aktif bergerak untuk menyembunyikan apa yang mereka lakukan dan mereka berkaitan dengan kelompok Saracen, sebuah sindikat online di Indonesia," kata Kepala bidang keamanan siber Facebook Nathaniel Gleicher, lansir Reuters, Jumat (1/2)

Gleicher mengatakan berdasarkan investigasi Facebook, para agen Saracen bekerja dengan modus menyasar dan meretas atau merampas akun-akun orang lain.

BACA JUGA: Yakinlah, Muslim Cyber Army Lebih Berbahaya daripada Saracen

Meski demikian Gleicher menegaskan bahwa akun-akun sindikat Saracen ditutup bukan karena konten yang mereka sebar, tetapi karena penipuan yang mereka lakukan dalam Facebook.

SHARES
TAGS   Facebook Saracen
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar