Facebook Hapus 3,2 Miliar Akun Palsu

Facebook Hapus 3,2 Miliar Akun Palsu
Logo Baru Facebook. Foto : Facebook

jpnn.com - Facebook sudah menghapus sedianya 3,2 miliar akun palsu dari April hingga September ini. Termasuk jutaan unggahan mengenai pelecehan anak dan bunuh diri.

Langkah strategis itu diakui Facebook merupakan pertama kali dilakukan, khususnya dengan jumlah sebanyak itu.

Dikutip dari Reuters, Rabu (20/11), deteksi terhadap konten yang melanggar, memang masih lebih rendah di Instagram daripada di Facebook.

Selain itu, Facebook juga telah menghapus lebih dari 11,6 juta konten yang menggambarkan ponografi anak dan eksploitasi seksual anak-anak, dan 754.000 konten di Instagram selama kuartal ketiga.

Facebook mengatakan telah menghapus 2,5 jutaan yang mendekati upaya melukai diri sendiri dan bunuh diri. Perusahaan juga menghapus 4,4 juta konten terkait transaksi narkotika.

Penegakan hukum khawatir bahwa rencana Facebook untuk memberikan privasi yang lebih besar kepada pengguna, dengan mengenkripsi layanan pesan akan menghambat upaya untuk memerangi kekerasan terhadap anak.

Hal itu seiring dengan temuan para peneliti yang menyebut, Instagram turut menjadi penyebar informasi yang tidak benar dan hoaks.

Direktur FBI, Christopher Wray mengatakan, perubahan itu bakal membuat platform menjadi "surga bagi predator dan pelaku pornografi anak."

Facebook sudah menghapus sedianya 3,2 miliar akun palsu dari April hingga September ini. Termasuk jutaan unggahan mengenai pelecehan anak dan bunuh diri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News