Fadli Kritik Satgas Nusantara, Bang Edi Lontar Kalimat Menohok

Fadli Kritik Satgas Nusantara, Bang Edi Lontar Kalimat Menohok
Dokumentasi - Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan. Foto: ANTARA/Kodir

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan menanggapi kritikan Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon terhadap langkah Polri membentuk Satgas Nusantara.

Menurut Edi, pernyataan Fadli terkesan kurang memahami permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Penyataan Fadli Zon terkesan kurang mengerti persoalan keamanan. Fadli saya kira terlalu berlebihan dalam merespons gagasan untuk pemulihan kepolisian dalam menjaga kamtibmas," ujar Edi Hasibuan dalam keterangannya, Rabu (6/7).

Menurut pakar hukum kepolisian dari Universitas Bhayangkara, Jakarta ini, Satgas Nusantara yang digagas Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo seharusnya disambut dengan baik.

"Kapolri membentuknya untuk menghadapi situasi kamtibmas yang makin panas menjelang Pemilu 2024."

"Satgas serupa saya kira juga sudah pernah dibentuk 2019 dan peranannya sangat penting kala itu menjaga situasi kamtibmas kondusif."

"Satgas ini sangat dibutuhkan dalam kapasitasnya sebagai cooling system saat masa kontestasi politik untuk membawa suasana sejuk dalam penanganan kamtibmas," ucapnya.

Menurut anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) 2012-2016 ini, pengalaman menunjukkan jelang pemilu kerap terjadi gangguan kamtibmas.

Fadli Zon mengkritik langkah Polri bentuk Satgas Nusantara, Bang Edi lontar kalimat menohok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News