Fadli Zon Ajak Diaspora Minang Genjot Kontribusi untuk Kemajuan Sumbar

Fadli Zon Ajak Diaspora Minang Genjot Kontribusi untuk Kemajuan Sumbar
Wakil Ketua DPR Fadli Zon dalam acara Sarasehan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Minang (DPP IKM) di Jakarta, Jumat (21/7). Foto: DPP IKM for JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang (IKM) Fadli Zon menyatakan bahwa organisasinya terus tumbuh dan berkembang. Menurutnya, pertumbuhan IKM benar-benar dari bawah dan tidak hanya di berbagai daerah, tapi juga di mancanegara.

Fadli mengatakan, orang Minang memiliki jiwa perantau sehingga ada di mana-mana. "IKM itu unit rantau yang betul-betul berdiri sendiri, mandiri dan membangun network," kata Fadli dalam Sarasehan Dewan Pimpinan Pusat IKM  di gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (21/7).

Sarasehan dirangkai dengan pengukuhan pengurus DPP IKM 2017-2022 oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Fadli menjadi ketua umum, sedangkan Nefri Hendri menjadi sekretaris jenderalnya.

Selain itu, ada posisi ketua harian dipercayakan kepada Andre Rosiade. Sedangkan bendahara umum IKM dipercayakan kepada Burmalis Ilyas.

Fadli menambahkan, orang Minang di tanah rantau senantiasa salin bersilaturahmi. Hal tersebut merupakan tradisi yang sudah lama dijaga hingga kini.

Orang Minang di rantau juga memberikan kontribusi bagi pembangunan di Sumbar. Karena itu Fadli mengajak Irwan Prayitno rajin mendatangi berbagai organisasi orang Minang di tanah rantau termasuk IKM.

Fadli menegaskan, penting bagi Pemprov Sumbar untuk menjalin komunikasi dengan kelompok perantau sebagai diaspora Minang. "Ini bukan sekedar potensi, tapi kekuatan," katanya.

Menurut dia, di era globalisasi sekarang ini yang penting adalah networking. "Masyarakat Minang yang ada di berbagai daerah ini bisa membantu membangun Sumbar lebih baik," tutur wakil ketua DPR itu.

Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang (IKM) Fadli Zon menyatakan bahwa organisasinya terus tumbuh dan berkembang. Menurutnya, pertumbuhan IKM benar-benar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News