Fadli Zon Ditimang jadi Cagub Sumbar

Fadli Zon Ditimang jadi Cagub Sumbar
Fadli Zon Ditimang jadi Cagub Sumbar
PADANG-- Partai Gerindra menyiapkan Wakil Ketua Umum Fadli Zon untuk diusung sebagai calon gubernur Sumatera Barat (Sumbar) dalam pilkada tahun depan. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sumbar Helvi Yemoraza menjelaskan, sikap pengurus daerah ini sudah disampaikan ke Fadli Zon. Saat ini, jajaran pengurus Gerindra Sumbar masih menunggu jawaban dari orang dekat Prabowo Subianto itu.

"Kita sudah sampaikan ke Pak Fadli Zon. Kita sedang menunggu keputusan yang fiks dari beliau," kata Helvi. Hanya saja, diakui, Gerindra mau tidak mau harus berkoalisi dengan partai lain agar bisa mengusung kadernya sendiri. Gerindra sokongan partai-partai lain guna mendapatkan tambahan lima kursi lagi agar lolos persyaratan pengajuan calon. Pilihan koalisi yang sangat terbuka adalah dengan PDI Perjuangan dan PBR.

Helvi menjelaskan, berdasarkan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra awal Agustus 2009, sudah diputuskan mengutamakan koalisi dengan PDIP bahkan sudah ditindaklanjuti dalam bentuk surat edaran ke daerah. Dia memberi contoh kaolisi Gerindra dengan PDIP di daerah lain, seperti di Gresik. Di sana, kursi Gerindra hanya 1, sementara PDIP 7. Namun karena sudah ada hubungan baik yang terbangun dari pusat tetap saling menghargai dan saling merangkul.

"Itu bisa terjadi di Sumbar. Di DPRD PDIP sudah berkoalisi dengan PBR. Kalau ditambah dengan Gerindra kan sudah cukup," ujarnya. Hanya saja, Helvi menambahkan koalisi dengan partai di luar PDIP tetap bisa dilakukan asalkan platformnya sama untuk mengusung perubahan.

PADANG-- Partai Gerindra menyiapkan Wakil Ketua Umum Fadli Zon untuk diusung sebagai calon gubernur Sumatera Barat (Sumbar) dalam pilkada tahun depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News