Fadli Zon Malah Curiga Ide FDS dari Jokowi

Fadli Zon Malah Curiga Ide FDS dari Jokowi
Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Presiden Joko Widodo dalam sebuah pertemuan konsultasi lembaga tinggi negara tahun lalu. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mencurigai gagasan sekolah sehari penuh full day school (FDS) bukanlah ide Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi. Menurut dugaan Fadli, ide tentang FDS itu justru bisa saja dari Presiden Joko Widodo.

Fadli mengatakan, selama ini Jokowi -sapaan Joko Widodo- selalu menyatakan bahwa tidak ada visi dan misi menteri. Sebab, yang ada adalah visi dan misi presiden yang diterjemahkan oleh menteri.

"Saya tidak tahu ini ide siapa, mendikbud atau presiden. Karena presiden selalu menyampaikan tidak ada visi misi menteri yang ada visi presiden. Jadi menteri cuma pelaksana dari presiden. Ini jangan-jangan ide presiden," kata Fadli di gedung DPR Jakarta, Kamis (11/8).

Namun demikian, politikus Gerindra ini tidak ingin memperpanjang perdebatan soal FDS. Ia mengingatkan supaya kebijakan apa pun yang akan diambil pemerintah harus dikaji secara cemat.

"Ide ini harus dikaji secara mendalam, cermat, dampaknya seperti apa, baru kemudian disimulasikan. Jangan hanya ada ide, diterapkan lalu dikoreksi lagi. Namanya tidak ada perencanaan matang," ujar Fadli.

Yang perlu kita cermati lagi, tambahnya, jangan sampai ganti menteri ganti kebijakan. Fadli menyebut adagium lama itu terkadang masih terjadi.

"Dunia pendidikan kita ini jangan dijadikan kelinci percobaan. Siswa-siswa kita juga bukan kelinci untuk dijadikan percobaan. Jadi harus dikaji dengan matang dulu," tambahnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mencurigai gagasan sekolah sehari penuh full day school (FDS) bukanlah ide Menteri Pendidikan dan Kebudayaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News