Jumat, 14 Desember 2018 – 05:11 WIB

Fahira: Capres Harus Pecahkan Tiga Persoalan Utama Guru

Senin, 26 November 2018 – 15:21 WIB
Fahira: Capres Harus Pecahkan Tiga Persoalan Utama Guru - JPNN.COM

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Fahira Idris. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) Fahira Idris mengatakan, meskipun sudah 73 tahun merdeka, bangsa Indonesia masih dibayangi berbagai persoalan di bidang pendidikan, salah satunya terkait guru.

Menurut dia, setidaknya hingga detik ini ada tiga persoalan utama yang menjadi tantangan guru yang merupakan pilar penting kemajuan pendidikan nasional.

Fahira mengungkapkan, tiga persoalan utama yang masih membayangi kemajuan guru di Indonesia adalah masih rendahnya kesejahteraan, kesenjangan kualitas dan kompetensi, serta persebaran dan kesenjangan rasio guru dan murid yang masih belum ideal.

“Ketiga persoalan ini ibarat segitiga yang saling terkait atau berhubungan," kata Fahira, Senin (26/11).

Karena itu, senator dari DKI Jakarta itu mengatakan, formulasi solusi atas ketiganya juga harus bergerak bersama atau linear.

"Bagi saya, segitiga persoalan guru ini menjadi tantangan yang harus dipecahkan para capres/cawapres dalam visi misi dan program mereka di bidang pendidikan,” kata Fahira.

Dia menjelaskan, kesejahteraan guru terutama honorer, menjadi persoalan klasik yang tidak kunjung mendapatkan solusi komprehensif karena alasan yang juga klasik yaitu kemampuan keuangan negara.

Para capres, sambung Fahira, harus punya formulasi memecahkan persoalan ini. Misalnya keberanian untuk merealisasikan 20 persen APBN murni hanya untuk pendidikan dan kesejahteraan guru. Karena selama ini anggaran pendidikan juga tersebar untuk 17 kementerian dan lembaga.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar