Fahri Hamzah: Apa Urusannya Pak Amien Rais?

Fahri Hamzah: Apa Urusannya Pak Amien Rais?
Fahri Hamzah. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya memeriksa politikus senior Amien Rais sebagai saksi kasus hoaks Ratna Sarumpaet, hari ini (10/10). Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan Amien tidak tahu apa pun soal hoaks yang diciptakan Ratna.

Fahri menyarankan Polri tidak usah melayani keinginan dari sekelompok orang yang mau menciptakan skenario seolah-olah perbuatan Ratna dilakukan bersama-sama Prabowo Subianto dan tim suksesnya. "Tidak usah dilayani itu," ungkap Fahri di gedung DPR, Jakarta, Rabu (10/10).

Politikus asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu menyarankan aparat penegak hukum merujuk apa yang dikatakan Ratna. "Bu Ratna minta dia saja yang dipersoalkan. Fokus kepada dia, tidak usah mutar-mutarlah apalagi ke Pak Amien," kata Fahri.

Menurut Fahri, posisi Amien kala itu hanya diajak Prabowo untuk melihat Ratna Sarumpaet. Karena itu, Fahri menegaskan Amien tidak tahu apa-apa dalam persoalan hoaks penganiayaan yang diciptakan Ratna.

“Begitu Pak Prabowo bilang mau jenguk Bu Ratna, dia (Amien) diajak. Apa pula ceritanya dia (Amien) yang dipanggil?" heran Fahri.

Dia setuju pendapat seorang ahli hukum yang menyebut Ratna perlu diberikan pendampingan dan pemeriksaan psikiater yang mendalam sebelum polisi mengembangkan kasus ini. Kalau tidak dilakukan, Fahri khawatir bisa terjadi kesalahan dari awal. "Lebih baik berhati-hatilah, terutama mengajak tim sukses dalam pertengkaran seperti begini," katanya.

Menurut Fahri, hal ini tidak produktif bagi demokrasi, polisi, penegakan hukum, dan kondusivitasnya situasi menjelang pilpres dan pileg serentak 2019. Dia meminta Polri bisa menjaga diri supaya tetap fokus pada persoalan. Menurutnya, ada begitu banyak kasus hoaks yang dilaporkan.

Nah, ujar Fahri, kalau terlalu konsentrasi pada kasus ini saja, orang akan mengatakan Polri berpolitik. "Itulah juga sebabnya (diduga) muncul serangan kepada pimpinan Polri. Saya kira karena dianggap Polri telah menjadi bagian dari pertarungan itu sehingga ada serangan kepada pimipinan Polri," jelasnya.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah sangat yakin Amien Rais tidak tahu soal kebohongan Ratna Sarumpaet.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News