Fahri Hamzah Curiga Bukan Maroef yang Rekam, tapi...

Fahri Hamzah Curiga Bukan Maroef yang Rekam, tapi...
Maeroef Sjamsoeddin. Foto: dok.JPNN

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah curiga percakapan Ketua DPR Setya Novanto, pengusaha M Riza Chalid (MR), dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Maeroef Sjamsoeddin (MS) tidak direkam sendiri oleh Maroef, tapi ada orang lain.

Ini didasari analisa yang ia lakukan terhadap rekaman tersebut, bahwa suara di rekaman terdengar dari jarak yang sama. Seharusnya, bila mengacu keterangan Maroef di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), ketika rekaman diletakkan di atas meja persis di depan Maroef, maka volume suara ketiganya berbeda-beda.

"Kemarin Pak Novanto mencari tahu rekaman dilakukan secara apa. Karena rupanya bukan Maroef yang merekam itu. Jarak Pak Novanto, MS dan MR, sama dengan alat rekam. Analisanya, jarak alat rekam itu sama. Itu menandakan, rekaman itu dilakukan bukan diruangan ini (pertemuan), ada di ruangan lain," kata Fahri di gedung DPR Jakarta, Jumat (11/12). 

Karenanya politikus PKS itu curiga ada penggunaan instrumen intelijen dalam operasi perekaman tetersebut. Untuk itu, Fahri mendorong kalaupun mau dilanjutkan, maka rekaman tersebut harus diteliti oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) maupun Mabes Polri. 

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah curiga percakapan Ketua DPR Setya Novanto, pengusaha M Riza Chalid (MR), dan Presiden Direktur PT Freeport

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News