Fahri Kesal dengan Masalah TKA, Sampai Bicara Pengerahan Tentara

Fahri Kesal dengan Masalah TKA, Sampai Bicara Pengerahan Tentara
Fahri Hamzah. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah ikut gerah dengan keluhan masyarakat terkait tenaga kerja asing (TKA) ilegal, terutama dari Tiongkok.

Apalagi masalah ini bukan lagi sekadar isu tapi sudah menjadi persoalan nyata. 

Fahri juga tidak terima bila keterbatasan sumber daya manusia (SDM) dijadikan alasan oleh pemerintah, terutama Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM sebagai kendala pengawasan.

"Yang penting umumkan datanya dulu, soal SDM belakangan. Kalau sudah terlalu banyak pendatang liar di negara ini, tentara pun bisa kita kerahkan. Sebab itu bisa dibilang infiltrasi. Gak usah ngomong SDM sekarang, ngomong data dulu terbuka kepada rakyat," kata Fahri di kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (23/12).

Kalau pemerintah merasa kecolongan, lanjut politikus PKS itu, maka harus jujur bilang kebobolan. Bukan malah diam. Apalagi, dia tidak ingin masalah ini baru diperhatikan ketika sudah terjadi 'kecelakaan'.

"Saya pernah melakukan sidak, Menaker juga saya pernah lihat melakukan sidak. Artinya keresahan masyarakat itu beralasan, kalau keresahan masyarakat beralasan maka harusnya pemerintah memberikan jawaban resmi," tutur Fahri.

Karena itu, pemerintah diminta membuka data valid yang dimiliki. Berapa banyak TKA itu yang legal. Begitu juga jumlah WNA yang masuk. Hal ini bisa dilihat dari data kedatangan di keimigrasian dari segala pintu masuk.

Ditjen imigrasi seharusnya bisa menjelaskan berapa banyak WNA maupun dari Tiongkok. Apa tujuan kedatangannya. Apakah sebagai turis, tenaga kerja. Jika dia turis, maka ada aturan yang membatasi berapa lama bisa tinggal di Indonesia.
 
"Data-data ini perlu disampaikan, dan tidak perlu beretorika bahwa WNI kita yang menjadi tenaga kerja di tempat lain lebih banyak. Itu bukan alasannya. Pokoknya saya minta dirjen imigrasi jawab dulu pertanyaan-pertanyaan dasar ini jangan bikin orang gelisah," pungkasnya. (fat/jpnn)


JPNN.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah ikut gerah dengan keluhan masyarakat terkait tenaga kerja asing (TKA) ilegal, terutama dari Tiongkok. Apalagi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News