Fakta Soal Cai Changpan Napi WN Tiongkok yang Kabur dari Lapas Tangerang, Oh Ternyata

Fakta Soal Cai Changpan Napi WN Tiongkok yang Kabur dari Lapas Tangerang, Oh Ternyata
Perbaikan gorong-gorong di Lapas Tangerang usai dibobol napi bandar narkoba asal Tiongkok. Foto: Hendrik/PojokSatu.id

jpnn.com, TANGERANG - Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Siregar mengungkap fakta mengejutkan terkait narapidana WN Tiongkok bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan yang kabur dari Lapas Tangerang, beberapa waktu lalu.

Krisno mengatakan sebelum kejadian Lapas Tangerang, Changpan ternyata pernah kabur dari Rumah Tahanan Bareskrim di Cawang. Hal ini dilakukan Changpan pada 2017 silam saat berstatus tahanan Baresirim.

“Benar, yang bersangkutan Changpan pernah kabur juga dari Rutan Direktorat Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri di Cawang, Jaktim pada Januari 2017,” ujar Krisno kepada wartawan, Jumat (25/9).

Saat itu, Changpan bisa kembali ditangkap oleh petugas. Namun, kini narapidana kasus narkoba tersebut kembali kabur dari Lapas Kelas 1 Kota Tangerang.

Menurut dia, pada 2017 Changpan kabur bersama rekan tahanan lainnya dengan cara membobol tembok kamar mandi yakni melubangi pakai sebatang besi ukuran 30 sentimeter. Namun, petugas berhasil menangkap Changpan dalam waktu yang cepat.

“Tim Bareskrim saat itu hanya butuh waktu tiga hari untuk menangkap dia di Sukabumi, Jawa Barat,” ujarnya.

Diketahui, Kementerian Hukum dan HAM membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi terkait dengan kaburnya seorang narapidana asal Tiongkok dari Lapas Klas I Tangerang.

Humas Ditjen Pemasyarakatan, Rika Aprianti mengatakan, hingga kini pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut.

Narapidana kasus tindak pidana narkoba bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan ternyata tidak hanya sekali melarikan diri dari balik jeruji besi. Pada 2017 silam, dia pernah kabur dari Rutan Bareskrim Polri, Cawang, Jakarta Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News