Faktor Cuaca Diduga Jadi Penyebab Hercules Celaka

Faktor Cuaca Diduga Jadi Penyebab Hercules Celaka
Puing pesawat angkut TNI AU jenis C-130 Hercules yang jatuh di Kabupaten Jayawijaya, Papua, Minggu (18/12). Foto: istimewa/JawaPos.Com

jpnn.com - JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) lagi-lagi kehilangan salah satu alat utama sistem persenjataannya. Sebuah pesawat angkut C-130 Hercules bernomor registrasi A-1334 mengalami kecelakaan di Kabupaten Jayawijaya, Minggu (18/12).

Wakil Kepala Staf TNI AU (Wakasau) Marsekal Madya TNI Hadiyan Suminta Atmadja mengatakan, soal penyebab Hercules itu nahas memang masih dalam proses analisis. Namun, dugaan sementara pesawat yang mengangkut 13 orang itu mengalami kecelakaan karena faktor cuaca.

"Perkiraan awal kecelakaan karena faktor cuaca. Tapi ini jangan jadi patokan karena harus ada lima yang harus dianalisa," kata Hadiyan dalam jumpa pers di  Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Minggu (18/12).

Lebih lanjut alumnus Akademi Angkatan Udara angkatan 1983 itu menambahkan, Hercules yang jatuh sedang dalam misi latihan peningkatan kemampuan penerbang. Kondisi pesawatnya masih bagus dan layak terbang.

"Secara kelayakan pesawat ini masih punya jam terbang. Semua layak terbang," tegasnya.

Karenanya, TNI AU sudah mengirim tim untuk menginvestigasi penyebab kecelakaan Hercules yang mengakibatkan 13 orang meninggal dunia itu. Kini, tim investigasi sudah berada di Wamena.(fat/jpnn)

 

JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) lagi-lagi kehilangan salah satu alat utama sistem persenjataannya. Sebuah pesawat angkut


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News