Faktor-Faktor Penentu Orang Tua Pilih Sekolah Anak

Faktor-Faktor Penentu Orang Tua Pilih Sekolah Anak
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - jpnn.com -Preferensi orang tua dalam memilih sekolah untuk anaknya sangat dipengaruhi oleh brand atau citra yang positif dari aktivitas sekolah.

Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, umumnya orang tua mencarinya melalui website atau situs resmi dari sekolah.

Hal tersebut disampaikan dosen London School of Public Relations (LSPR) Lestari Nurhajati saat berbicara pada seminar sehari bertajuk School Branding Strategy yang digelar oleh Universitas Darma Persada (Unsada) di Jakarta, Selasa (7/3). Praktisi public relations (PR) Anke Dwi Saputro juga tampil sebagai pembicara.

''Berdasarkan riset terhadap tren pada pendidikan tinggi, perangkat terpenting dalam pemasaran online itu adalah situs yang efektif dan intuitif. Di dalamnya ditegaskan brand utama dari sebuah institusi yang bersangkutan,'' katanya.

Di dalam website tersebut, kata Lestari, sering disokong dengan sejumlah elemen pendukung, tampilan memikat serta konten yang menarik.

Faktor tersebut, kata dia, menjadi penentu bagi setiap orang tua dalam memutuskan pilihannya terhadap sebuah sekolah.

''Para orang tua sangat mempertimbangkan karakteristik sekolah yang tecermin lewat merek yang mendukung karakteristik tersebut. Inilah yang kemudian mendorong pemilihan sekolah bagi anak-anak mereka,'' ujarnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Angke. Mengutip hasil riset terhadap perilaku siswa yang termuat di dalam International Journal of Education Management, Angke mengungkapkan bahwa sekitar 92 persen proses rekrutmen siswa baru itu berawal dari adanya aktivitas virtual.

Preferensi orang tua dalam memilih sekolah untuk anaknya sangat dipengaruhi oleh brand atau citra yang positif dari aktivitas sekolah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News