Farhan: Sadar Keragaman Berawal dari Kampus

Farhan: Sadar Keragaman Berawal dari Kampus
M Farhan. Foto: dok jpnn

jpnn.com - Sebagai lulusan Universitas Padjadjaran (Unpad), Muhammad Farhan menyimpan memori yang indah di Gedung Prof Mochtar Kusuma Atmaja. Di antaranya, kenangan saat kali pertama menyandang status mahasiswa.

’’Saya diospek di gedung ini. Gelosotan di bawah bersama teman-teman,’’ kata Farhan saat mengikuti deklarasi antiradikalisme di Unpad, Bandung.

Salah satu yang membekas di ingatannya adalah saat duduk bersebelahan dengan mahasiswa baru nonmuslim. Presenter kelahiran Bogor, 25 Februari 1970, tersebut mengatakan, saat itu suasana ospek sangat positif.

Farhan merasakan betapa kuatnya penanaman nilai-nilai kerukunan di tengah keragaman. ’’Apalagi, ada sesi untuk kontemplasi,’’ jelasnya.

Dengan iringan lagu-lagu yang merdu, dia merasakan pesan-pesan untuk hidup rukun bisa masuk ke hatinya. Menurut dia, kampus memang wahana ideal untuk pendidikan karakter.

’’Sadar atas keragaman bisa diawali dari kampus,’’ katanya. (wan/c7/oki)


Sebagai lulusan Universitas Padjadjaran (Unpad), Muhammad Farhan menyimpan memori yang indah di Gedung Prof Mochtar Kusuma Atmaja. Di antaranya,


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News