Fasilitasi Pemuda Batang Magang ke Jepang, Kemnaker: Kami Yakin Bisa jadi Pengusaha

Fasilitasi Pemuda Batang Magang ke Jepang, Kemnaker: Kami Yakin Bisa jadi Pengusaha
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan memfasilitasi pamagangan ke Jepang bagi angkatan kerja muda di Kabupaten Batang. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, BATANG - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan memfasilitasi pamagangan ke Jepang bagi angkatan kerja muda di Kabupaten Batang.

Langkah itu mereka lakukan dalam rangka mempercepat peningkatan kompetensi angkatan kerja di Kabupaten Batang.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie Cakrawangsa mengatakan pemagangan ke Jepang bagi angkatan kerja muda Batang akan dimulai tahun ini.

Pemagangan itu merupakan bagian dari program kerja sama pemagangan ke Jepang antara Kemnaker dengan IM Japan.

"Anak-anak muda kami dapat belajar kemajuan teknologi untuk selanjutnya dibawa kembali ke tanah air, untuk memajukan daerah," kata Caswi pada acara Sosialisasi Pelatihan Vokasi dan Pemagangan Berbasis Desa, Batang, Rabu (7/2).

Menurut Caswi, selain mendapat keterampilan, para alumni magang ke Jepang juga akan diberikan stimulus agar dapat mengembangkan wirausaha ketika pulang ke Indonesia.

"Kami meyakini setelah menjalani magang di Jepang selama tiga hingga lima tahun, para peserta akan memiliki kapasitas yang mumpuni untuk menjadi pengusaha,"ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Direktur Bina Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi dan Pemagangan, Muhammad Ali bahwa selain peningkatan SDM, tujuan program pemagangan luar negeri adalah untuk mencetak pengusaha yang memiliki keterampilan dan standar tinggi.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan memfasilitasi pamagangan ke Jepang bagi angkatan kerja muda di Kabupaten Batang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News