Fasilitasi Pemulangan Jenazah TKI ke Karawang

Fasilitasi Pemulangan Jenazah TKI ke Karawang
Fasilitasi Pemulangan Jenazah TKI ke Karawang

jpnn.com - JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat (FPD), Saan Mustopa, menfasilitasi pemulangan jenazah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang meninggal di Arab Saudi. Jenazah Yulianah binti Misin, TKI dari Desa Pajaten, Kecamatan Cibuaya, Karawang, Jawa Barat, tiba di Bandara Soekarno-Hatta Selasa (17/9).

Berdasarkan data yang dihimpun Yayasan Saan Mustopa Center (SMC), Yulianah meninggal karena sakit. TKI malang itu berangkat ke Arab Saudi pada tahun 2008 melalui PT Panca Aji Banyu Sakti. Namun, sebulan kemudian Yulianah kabur dari rumah majikan tempatnya bekerja karena ada persoalan.

Menurut Subarna dari Yayasan SMC, Yulianah sempat putus kontak komunikasi dengan keluarga selama satu tahun. "Setelah itu,  Yulianah kembali berkomunikasi  dengan pihak keluarga yaitu dengan anaknya," ungkap Subarna.

Tapi, pihak keluarga justru mendapat kabar bahwa Yulianah meninggal. Subarna menjelaskan, PT Panca Aji Banyu Sakti selaku Perusahaan Jasa Tenga Kerja Indonesia (PJTKI) yang memberangkatkan Yulianah hanya memberi uang Rp 2 juta kepada pihak keluarga.

"Katanya untuk biaya tahlil. Tapi tidak bisa memfasilitasi pemulangan Yulianah karena sudah lebih dari dua tahun habis kontrak," ucap Subarna.

Sementara itu, pihak keluarga juga tak bisa terlalu berharap pada Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). "Akhirnya Kang Saan (Saan Mustopa) memfasilitasi pemulangannya," ucap Subarna seraya menambahkan, jenazah Yulianah merupakan TKI keempat yang pemulangannya difasilitasi Yayasan SMC.

Sedangkan Saan yang ditemui terpisah di gedung DPR RI berharap agar BNP2TKI maupun pihak PJTKI yang memberangkatkan Yulianah bisa memberi respon positif. "Terutama terkait bantuan asuransi maupun hal yang lainnya yang bisa diberikan kepada keluarga almarhumah," jelas Saan yang juga caleg PD dari daerah pemilihan Kabuaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta itu. (jpnn)


JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat (FPD), Saan Mustopa, menfasilitasi pemulangan jenazah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang meninggal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News