Fenomena Alam Bikin Warga Heboh, Viral

Fenomena Alam Bikin Warga Heboh, Viral
Fenomena Waterspout atau angin puting beliung terjadi di perairan kota Sorong, Papua Barat, Sabtu sore, menghebohkan masyarakat setempat. (ANTARA/HO- Warga Pulau Doom Distrik Sorong Kepulauan)

jpnn.com, SORONG - Warga Kota Sorong, Provinsi Papua Barat heboh pada Sabtu sore.

Ada fenomena waterspout atau angin puting beliung yang terjadi di perairan Kota Sorong.

Fenomena waterspout terjadi pukul 16.00 WIT di perairan antara Pulau Doom Distrik Sorong Kepulauan dan Pelabuhan Laut Kota Sorong.

Fenomena alam tersebut diabadikan oleh masyarakat dan viral di media sosial warga kota Sorong.

Rina Warga Pulau Doom Distrik Sorong Kepulauan mengabadikan fenomena waterspout menggunakan kamera telepon genggam miliknya.

Menurut Rina, fenomena tersebut terjadi kurang lebih 15 meniti. Dirinya baru pertama kali melihat fenomena tersebut secara langsung selama ini hanya lewat media.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologia Kelas I Sorong dalam rilisnya menyebutkan bahwa pada pukul 16.00 WIT dilaporkan telah terjadi fenomena angin kencang yang berputar seperti belalai di atas perairan Pelabuhan Sorong.

Fenomena tersebut dikenal dengan waterspout yang identik dengan fenomena puting beliung tetapi terjadi di atas permukaan air yang luas. Fenomena waterspout terbentuk dari sistem awan kumulonimbus (CB).

Sabtu sore warga heboh dengan fenomena alam yang viral di media sosial. BMKG memberi penjelasan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News