Fenomena Awan Berbentuk Gelombang Tsunami Terjadi di Langit Kutai Kartanegara, Lihat

Fenomena Awan Berbentuk Gelombang Tsunami Terjadi di Langit Kutai Kartanegara, Lihat
Fenomena awan berbentuk gelombang tsunami yang terjadi di langit Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur pada Minggu (8/5/2022) sore. Foto : Akun Instagram @InfoKukar.

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Fenomena langka awan berbentuk gelombang tsunami terjadi di langit Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Peristiwa awan yang nampak membentang sepanjang satu kilometer itu sempat direkam salah satu warga di Kecamatan Tabang, Kukar.

Dalam video berdurasi 15 detik yang tengah viral di ragam platform media sosial itu terjadi pada pada Minggu (8/5/2022) sore. Tampak awan bergerak seperti ombak tsunami.

Terkait fenomena itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Samarinda menyebut peristiwa itu jarang terjadi.

Terbentuknya awan kumolonimbus dan bergelombang bernama arcus tersebut, dapat menggangu penerbangan udara.

"Namanya awan arcus. Awan arcus adalah jenis awan rendah, panjang dan tipis yang biasanya menyerupai ombak dan terlihat di bawah awan Kumulonimbus," ungkap Kepala BMKG Kota Samarinda Riza Arian Noor saat dihubungi JPNN.com, Senin (9/5).

Riza mengatakan awan arcus dapat terbentuk karena ketidakstabilan atmosfer panjang, atau dipertemuan massa udara dingin yang mendorong massa udara hangat dan lembab. Fenomena ini biasa terjadi saat peralihan musim hujan ke musim kemarau.

"Biasanya apabila kondisi atmosfernya tidak stabil seperti perubahan kondisi yang sangat panas terus tiba-tiba hujan," terang Riza.

Fenomena langka awan berbentuk gelombang tsunami terjadi di langit Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News