Fenomena Ganjarist, Bukti Dukungan untuk Ganjar di Pilpres 2024 Kian Menguat dan Nyata

Fenomena Ganjarist, Bukti Dukungan untuk Ganjar di Pilpres 2024 Kian Menguat dan Nyata
Gubernur Jawa Tengah yang juga politikus PDIP Ganjar Pranowo. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat dukungan menjadi calon presiden 2024, di tengah konflik internal dengan elite PDIP.

Salah satu dukungan itu datang dari kelompok relawan yang menamakan diri Ganjarist atau Ganjar Pranowo Menuju Indonesia Satu.

Deklarasi relawan Ganjarist dilakukan Selasa 1 Mei 2021 di salah satu hotel di Jakarta Selatan. Bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila.

Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) Jakarta Nyarwi Ahmad mengatakan ada empat hal yang bisa dibaca di balik fenomena Ganjarist itu.

Pertama, arus dukungan terhadap Ganjar Pranowo untuk ikut memasuki gelanggang Pilpres 2024 kian menguat dan nyata.

Satu sisi, kata Nyarwi, fenomena ini kian menegaskan bahwa dukungan publik pada sosok Ganjar tidak hanya muncul dari kalangan pemilih biasa, sebagaimana yang sering dipotret dan disampaikan sejumlah lembaga survei.

Namun, kata dia, dukungan tersebut juga datang dari kelompok masyarakat kelas menengah yang sangat potensial untuk transformasi menjadi relawan organik.

"Bukan tidak mungkin, kelompok-kelompok relawan semacam ini akan terus bermunculan pada beberapa bulan mendatang, kendati pilpres masih sekitar tiga tahun mendatang," kata Nyarwi dalam keterangannya, Kamis (3/6).

Ganjar Pranowo mendapat dukungan dari relawan Ganjarist untuk maju di Pilpres 2024. Bukti Ganjar memiliki daya magnetis elektoral yang kuat dan dianggap sebagai capres 2024 potensial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News