Fesbul 2023 Gelar Malam Anugerah, 20 Film Pendek Masuk Nominasi

Fesbul 2023 Gelar Malam Anugerah, 20 Film Pendek Masuk Nominasi
Ilustrasi - Road to Awarding Night di Pontianak, Kalimantan Barat sebelum 'Malam Anugerah Fesbul 2023' yang rencananya digelar di Grand Ballroom JIExpo Convention Centre & Theatre, Kemayoran, Jakarta. Foto: Fesbul 2023.

jpnn.com - JAKARTA - Malam Anugerah Festival Film Bulanan (Fesbul) 2023 akan digelar di Grand Ballroom JIExpo Convention Centre & Theatre, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (9/12).

Malam Anugerah merupakan acara puncak dari Fesbul 2023 setelah melewati berbagai tahapan, dimulai dari seleksi film pendek di sepuluh lokasi fokus (lokus) dari Sabang sampai Merauke.

Para kurator kemudian menentukan dua film terpilih dari setiap lokus. Para peserta, termasuk kru yang memproduksi dua film terpilih masing-masing lokus berkesempatan mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan Fesbul baik secara daring maupun luring.

Kegiatan yang bisa diikuti antara lain jejaring komunitas, workshop menuju film komersial, sinema keliling, kolaborasi pemutaran film di dalam dan luar negeri hingga Road to Awarding Night di sepuluh titik Bioskop XXI di Indonesia.

Sepanjang 2023 hampir 800 film pendek mendaftar dan lebih dari 600 film lolos kurasi dan menghasilkan 20 film terpilih dari seluruh wilayah di Indonesia.

Pada Malam Anugerah Fesbul 2023, sebanyak 20 film terpilih tersebut menjadi nominasi kategori penganugerahan. Yaitu, film ide cerita terbaik, film visual terbaik, film audio terbaik, film dokumenter terbaik dan film fiksi terbaik.

Selain itu ada pula penghargaan 'Apresiasi Khusus Film Favorit Penonton', dinilai dari respons positif masyarakat yang menonton Film Terpilih Fesbul 2023 saat Sinema Keliling dan kegiatan-kegiatan pemutaran film lainnya.

Menurut salah satu pendiri Fesbul, Abdul Manaf, Sinema Keliling merupakan bentuk ruang kreatif untuk mengapresiasi dan mempromosikan karya film lokal yang memiliki keunikan, autentisitas, karakter dan ciri khas kuat.

Festival Film Bulanan 2023 menggelar acara puncak 'Malam Anugerah', sebanyak 20 film pendek masuk nominasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News