Festival 7 Sungai Desa Wisata Cibuluh Subang jadi Daya Tarik

Festival 7 Sungai Desa Wisata Cibuluh Subang jadi Daya Tarik
Festival 7 Sungai Desa Wisata Cibuluh Subang jadi daya tarik wisatawan. Foto: dokumentasi pribadi

jpnn.com, SUBANG - Desa Wisata Cibuluh memiliki potensi wisata alam yang memikat, dari mulai pegunungan, air terjun hingga muara sungai dari tujuh aliran sungai.

Untuk menarik minat wisatawan sekaligus mensyukuri alam yang diberikan Tuhan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Cibuluh, Kecamatan Tanjung Siang menggelar atraksi wisata Festival 7 Sungai, yang berlangsung Sabtu dan Minggu (18-19/12).

Tahun ini menjadi tahun keenam penyelenggaraan Festival 7 Sungai.

Festival ini merupakan atraksi wisata yang menarik diambil dari budaya masyarakat setempat dalam mencari nafkah, seperti bertani dan mencari ikan.

Dalam rangkaian Festival 7 Sungai ditampilkan berbagai kesenian dan budaya untuk menarik wisatawan.

Di antara yang menarik dari rangkaian Festival 7 Sungai adalah bagaimana cara masyarakat setempat dalam menangkap ikan. Dipusatkan di Sungai Cipunegara festival ini berlangsung seru, meriah namun juga tetap khidmat.

"Di acara ini wisatawan diperkenalkan dengan budaya sungai, budaya bercocok tanam, budaya kesenian, dan permainan tradisional yang biasa dilakukan oleh masyarakat desa. Kali ini wisatawan disuguhkan dengan atraksi menangkap ikan," ujar Koordinator Pokdarwis Kecamatan Tanjung Siang, Subang Mang Udan.

Menurut Mang Udan, sebenarnya ada banyak alat dan cara dalam menangkap ikan di masyarakat desa Cibuluh. Pada Festival 7 Sungai ini ditampilkan dua cara menangkap ikan, yakni ngecrek dan ngeprok.

Desa Wisata Cibuluh di Subang memiliki potensi wisata alam yang memikat, dari mulai pegunungan, air terjun hingga muara sungai dari tujuh aliran sungai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News