Festival 'Aneh' Film Indonesia

Panitia Akui Ada Kesalahan Seleksi Film

Festival 'Aneh' Film Indonesia
Festival 'Aneh' Film Indonesia
JAKARTA - Penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) kembali menuai sorotan. Banyak keanehan di dalamnya. Di antaranya, kinerja komite seleksi dalam memilih film yang layak diadu pada perhelatan tahun ini. Pada Jumat lalu (12/11) mereka meloloskan delapan di antara sekitar 50 film yang masuk. Namun, Selasa lalu (16/11) mereka mengumumkan adanya dua tambahan film lagi yang lolos.

Awalnya, film yang lolos adalah 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta, Alangkah Lucunya Negeri Ini, Minggu Pagi di Victoria Park, Hari Untuk Amanda, 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita, Cinta 2 Hati, I Know What You Did on Facebook, dan Heartbreak.com. Melihat deretan judul film yang dinyatakan lolos seleksi panitia FFI, banyak pihak yang kemudian protes.

Pedoman Pelaksanaan FFI 2010 pada bab III pasal 3 butir 5 menyebutkan, komite seleksi menetapkan sekurang-kurangnya sepuluh judul film dan sebanyak-banyaknya 15 judul film pilihan. Faktanya, komite seleksi hanya mengumumkan delapan judul saja.

Mengenai hal tersebut, pihak FFI yang diketuai Ninik L. Karim menyatakan bahwa pihaknya memiliki alasan kuat terhadap delapan film tersebut. Delapan film itu, kata dia, memenuhi persyaratan. Namun, Selasa lalu (16/11) komite seleksi kembali mengadakan jumpa pers. Mereka meminta maaf atas kekeliruan yang telah dilakukan dan menambah dua judul film lagi supaya jumlah film yang lolos seleksi sesuai dengan pedoman. Dua film susulan itu adalah Red Cobex dan Sehidup (tak) Semati.

JAKARTA - Penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) kembali menuai sorotan. Banyak keanehan di dalamnya. Di antaranya, kinerja komite seleksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News