Festival Pesona 2023 di KLHK Jadi Refleksi Keberhasilan Program Perhutanan Sosial

Festival Pesona 2023 di KLHK Jadi Refleksi Keberhasilan Program Perhutanan Sosial
Penganugerahan Penghargaan Kalpataru 2023 di KLHK. Foto: dok KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia turut memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia atau World Environment Day setiap tanggal 5 Juni.

Setiap tahunnya, HLH dirayakan dengan tema yang berbeda-beda. Pada 2023 ini, Hari Lingkungan Hidup mengusung tema Beat Plastic Pollution, yakni seruan untuk bertindak guna menangani sampah plastik dan mencari solusi terkait polusi plastik.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pada Peringatan HLH tahun 2023 ini mengisi dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Pertama, penganugerahan Penghargaan Kalpataru 2023, yang diberikan kepada 10 Penerima Penghargaan dan 1 penerima penghargaan khusus.

Tokoh-tokoh tersebut adalah untuk kategori Perintis: (1) Muhammad Ikhwan Am. dari Sulawesi Selatan; (2) Misman, Kalimantan Timur; (3) Asep Hidayat Mustopa, Jawa Barat, dan (4) Dani Arwanton, DKI Jakarta.

Kemudian untuk kategori Penyelamat: (1) Perkumpulan Pengelola Hutan Adat Dayak Abay Sembuak dari Kalimantan Utara, (2) Yayasan Ulin, Kalimantan Timur, (3) LPHK Damaran Baru, Aceh.

Selanjutnya untuk kategori Pengabdi diberikan kepada Arsyad dari Nusa Tenggara Timur.

Penghargaan Kaplataru untuk kategori Pembina dianugerahkan kepada Petronela Merauje (Papua) dan Dr. Ir. Nugroho Widiasmadi, M.Eg (Jawa Tengah).

KLHK mengapresiasi peran para pelaku Hutan Sosial yang telah berhasil melakukan inovasi, kreativitas atau mendampingi dan menggerakan masyarakat menjaga hutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News