Festival Seni Media Internasional Besutan Kemendikbud Diikuti 8 Negara

Festival Seni Media Internasional Besutan Kemendikbud Diikuti 8 Negara
Salah satu hasil karya seni yang ditampilkan di Festival Seni Media. Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud menyelenggarakan Festival Seni Media berskala Internasional.

Kegiatan bertajuk Instrumenta 2: Machine/Magic yang meramu irisan antara praktik seni media dan fiksi ilmiah ini salah satu wujud kehadiran negara untuk mendukung serta memfasilitasi para seniman media memamerkan karyanya.

Selain itu juga menjadi tempat bertemu, saling bertukar informasi dan berinteraksi satu sama lain.

"Pastinya tujuan utamanya untuk mengembangkan dan memajukan seni media, sehingga masyarakat luas dapat mengapresiasi perkembangan mutakhir seni media dalam konteks lokal maupun internasional," jelas Direktur Kesenian Restu Gunawan di sela-sela pembukaan Festival Seni Media Internasional di Gedung Galeri Nasional, Jakarta, Rabu (23/10).

Restu mengatakan, pergelaran yang diadakan untuk kedua kalinya tersebut berlangsung pada 23 Oktober hingga 19 November 2019 itu tak hanya wujud peran pemerintah dalam mendorong perkembangan seni kontemporer, dan juga melindungi seni tradisi.

"Festival Instrumenta ini juga memberikan wadah bagi berkembangnya ekosistem seni kontemporer Indonesia," ujarnya.

Kegiatan ini juga sebagai ruang ekspresi dan presentasi karya bagi praktisi seni media sekaligus sebagai ruang interaksi serta apresiasi seni bagi masyarakat dalam upaya mengembangkan seni sebagai objek pemajuan kebudayaan yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017.

Festival tersebut menghadirkan pameran, ceramah, performa, diskusi, lokakarya, wicara seniman, dan tur kuratorial. Setidaknya, 28 seniman, 7 berasal dari luar negeri dan 21 dari Indonesia, akan menampilkan karya-karyanya.

Festival Seni Media berskala Internasional sebagai salah satu wujud kehadiran negara untuk mendukung serta memfasilitasi para seniman media memamerkan karyanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News