FIFA dan UEFA Sanksi Bosnia-Herzegovina

FIFA dan UEFA Sanksi Bosnia-Herzegovina
FIFA dan UEFA Sanksi Bosnia-Herzegovina
JENEWA - FIFA dan UEFA akhirnya menjatuhkan sanksi larangan berlaga di arena internasional kepada Bosnia-Herzegovina. Sanksi itu terkait keberadaan tiga presiden berbeda yang memimpin Asosiasi Sepak Bola Bosnia-Herzegovina (NSBIH). Sanksi itu otomatis mengancam kiprah negara pecahan Yugoslavia tersebut di kualifikasi Euro 2012.

"FIFA dan UEFA dengan penuh penyesalan harus mengambil keputusan ini," demikian pernyataan bersama dari juru bicara FIFA dan UEFA kepada AP.

Baik FIFA maupun UEFA, sebetulnya sudah meminta Bosnia-Herzegovina untuk mengubah sistem tiga presiden di NSBIH. Tiga presiden itu sendiri mewakili etnis Bosnia-Kroasia, muslim Bosnia, dan Serbia. Namun, surat permintaan FIFA yang dikirim pada 28 Oktober 2010 dan UEFA pada 4 Oktober 2010 itu tidak mendapat respons NSBIH. Pasalnya, hanya 22 dari 54 anggota NSBIH yang setuju adanya peleburan tiga presiden menjadi satu presiden asosiasi. Karena itulah, FIFA dan UEFA mengeluarkan pernyataan bersama mengenai sanksi buat Bosnia-Herzegovina.

"NSBIH dibekukan sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dari FIFA dan UEFA. Putusan ini resmi dibuat pada Jumat (1/4). Putusan ini diambil karena NSBIH tak membuat statuta yang sesuai dengan FIFA dan UEFA," lanjut pernyataan tersebut.

JENEWA - FIFA dan UEFA akhirnya menjatuhkan sanksi larangan berlaga di arena internasional kepada Bosnia-Herzegovina. Sanksi itu terkait keberadaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News