FIFA Diminta Contoh IOC untuk Piala Dunia U-20

FIFA Diminta Contoh IOC untuk Piala Dunia U-20
Pemain Timnas U-20 Indonesia berfoto bersama maskot Piala Dunia U-20 Bacuya. Foto: Dok. PSSI

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat olahraga Fritz Simanjuntak mengatakan FIFA selaku federasi sepak bola Internasional bisa mencontoh International Olympic Committee (IOC) dalam memperlakukan Timnas Israel di ajang Piala Dunia U-20.

Fritz mengungkapkan FIFA dapat membantu Indonesia agar tidak melanggar aturan larangan mengibarkan bendera dan lagu kebangsaan Israel di Indonesia dengan mencontoh yang dilakukan IOC saat pelaksanaan Olimpiade.

Di Olimpiade Tokyo 2020 atlet-atlet Rusia tetap diperbolehkan bertanding.

Padahal, kata dia, Rusia sedang kena sanksi akibat kasus doping.

Tetapi, IOC tidak mengibarkan bendera Rusia maupun lagu kebangsaan dan menggantinya dengan bendera NOC Rusia (ROC).

"FIFA bisa melakukan seperti IOC memperlakukan atlet Rusia. Jika ini dilakukan maka akan sangat membantu Indonesia selaku tuan rumah penyelenggara di mana semua kewenangan mengenai peserta ada pada FIFA. Sejauh ini FIFA sudah banyak membantu dengan melakukan review sejumlah stadion yang akan digunakan Piala Dunia U20," kata Fritz, Selasa (21/3).

Lebih lanjut, Fritz mengungkapkan Piala Dunia U-20 ini momentum Indonesia melakukan Rebranding The Nation.

"Jika kita bisa menggelar (Piala Dunia U-20) dengan baik, termasuk menerima Timnas Israel bertanding, ini akan menegaskan Indonesia adalah negara yang damai, nyaman, toleransi dan tidak diskriminasi," ujarnya.

FIFA selaku federasi sepak bola Internasional bisa mencontoh IOC dalam memperlakukan Timnas Israel di ajang Piala Dunia U-20.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News