FIFA Usulkan Sanksi Bagi Pemain yang Berperilaku Tidak Sehat di Lapangan

FIFA Usulkan Sanksi Bagi Pemain yang Berperilaku Tidak Sehat di Lapangan
Ilustrasi. Foto: fifa

jpnn.com, JAKARTA - Otoritas sepak bola dunia, FIFA, bukan hanya menganjurkan pergantian pemain dilonggarkan menjadi lima pemain dalam satu laga, tetapi mereka memiliki usulan lain, yakni sanksi bagi pemain yang meludah di lapangan.

Seperti dilansir Daily Mail, Kepala Komite Medis FIFA mengusulkan sanksi kartu kuning harus diberikan kepada pemain yang perilakunya tidak sehat dan higienis di atas lapangan.

“Pesepak bola harus mendapatkan sanksi kartu kuning dari wasit untuk tindakan meludah dalam pertandingan karena berpotensi menyebarkan Virus Corona dari cairan ludahnya," Ujar Kepala Komite Medis FIFA, Michel D'Hooge.

Aturan ini sendiri menurut Daily Mail harus diperhatikan oleh elemen dari Premier League atau kompetisi Liga Inggris yang dalam rencana akan diputar kembali. Saat ini, klub-klub di kompetisi Premier League sudah mulai berlatih kembali dengan protokol yang ketat.

Menurut D'Hooge, sebelum ada pandemi Covid-19, meludah di lapangan bukanlah hal yang dilarang. Bahkan, meludah bisa menjadi ekspresi pemain saat kesal ataupun gagal melepaskan sepakan ke arah gawang atau saat emosi karena kehilangan bola. Namun, di tengah pandemi, jangan coba-coba karena itu bisa kena kartu kuning.(dkk/jpnn)

Kepala Komite Medis FIFA mengusulkan sanksi kartu kuning harus diberikan kepada pemain yang perilakunya tidak sehat dan higienis di atas lapangan.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News