JPNN.com

Film Ini Ingatkan Tentang Peran Agama dalam Mengatasi Banjir

Selasa, 14 Januari 2020 – 16:15 WIB
Film Ini Ingatkan Tentang Peran Agama dalam Mengatasi Banjir - JPNN.com
Warga berusaha melewati banjir di Ciledug Indah, Tangerang, Kamis (2/1). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Sutradara sekaligus fotografer Adi Putra mengungkapkan bahwa kehadiran agama diperlukan dalam menanggulangi musibah banjir yang baru-baru ini melanda Jakarta dan sekitarnya.

Adi Putra bahkan pernah menyinggung tentang hal tersebut dalam film berjudul Green Religion. Film tersebut digarap Adi bersama sahabatnya, Ade Kurniadhi pada 2007. Saat itu keduanya masih berusia 18 tahun dan duduk di bangku SMA.

“Padahal kalau pemuka agama bicara soal isu lingkungan dalam dakwahnya, hal terebut bakal memberikan pengaruh yang sangat besar dalam memperbaiki lingkungan hidup,” kata Adi Putra saat ditemui awak media di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut dia, film pendek itu bercerita tentang peran agama dalam memperbaiki lingkungan hidup. “Pemanasan global saat ini sudah menjadi ancaman serius bagi kehidupan manusia. Perubahan iklim yang tak menentu, buruknya kualitas udara dan banjir adalah salah satu dari sedikit contoh yang paling nyata,” ujar Adi.

Film Ini Ingatkan Tentang Peran Agama dalam Mengatasi Banjir

Kegelisahan akan bahaya pemanasan global itu lah yang mendorong Adi Putra dan sahabatnya membuat film pendek Green Religion.

“Saya tinggal di Jakarta. Saya tidak bisa bilang kalau cuaca di Jakarta itu indah. Saya berharap udara di Jakarta bersih,” kata pemilik akun Instagram @adipvtr itu.

Dalam film tersebut, beberapa tokoh agama diwawancari mengenai peran agama dalam menjaga lingkungan. Salah satu tokoh agama yang diwawancarai dalam film tersebut adalah Ustaz Jefri Al Buchori (almarhum). Beliau membenarkan bahwa Agama Islam mengajarkan untuk menjaga lingkungan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo