Film Leonardo DiCaprio Raih 5 Penghargaan

Film Leonardo DiCaprio Raih 5 Penghargaan
Leonardo DiCaprio di Revenant. Foto: www.telegraph.co.uk

LONDON - Film drama karya sutradara Meksiko, Alejandro G. Inarritu, semakin menunjukkan taji lewat penghargaan. Terbaru, The Revenant menggondol lima piala sekaligus dalam ajang British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) Awards 2016 yang digelar di Royal Opera House, London.

Lima kategori itu adalah aktor terbaik, sinematografi terbaik, sutradara terbaik, film terbaik, dan penata suara terbaik. Dari semua kategori, kemenangan Leonardo DiCaprio menjadi sorotan tersendiri. Sebab, dari deretan ajang penghargaan yang dihelat mulai awal tahun, namanya selalu disebut sebagai penerima penghargaan aktor terbaik. Mulai Golden Globes, SAG Awards, Critics' Choice Awards, hingga BAFTA Awards kemarin.

Empat penghargaan awal tahun yang diterima aktor berusia 41 tahun itu seakan menjadi pemantik api Oscars yang digelar akhir bulan ini. Walau begitu, para kritikus film menganggap BAFTA belum bisa menjadi ajang prediksi Oscars. Sebab, industri perfilman di Inggris dan Hollywood berbeda. Meski dalam hal The Revenant, dua kutub perfilman mempunyai sambutan yang sama-sama bagus.

Untuk mendapatkan penghargaan itu, DiCaprio mengalahkan Eddie Redmayne (The Danish Girl), Bryan Cranston (Trumbo), Matt Damon (The Martian), dan Michael Fassbender (Steve Jobs). The Revenant juga mendapatkan piala film terbaik mengungguli SpotlightBridge of SpiesThe Big Short, dan Carol.

Kembali soal DiCaprio, aktor ganteng itu tengah menikmati kesuksesan sebagai aktor terbaik. Dalam pidato kemenangannya, dia memberikan ucapan ulang tahun untuk ibunda, Irmelin Inderbirken.

''Saya tumbuh besar dalam lingkungan yang kasar di timur Los Angeles. Perempuan ini membawa saya tiga jam setiap hari ke sekolah yang berbeda untuk memberi pandangan tentang kesempatan lain. Ini hari ulang tahunnya. Ibu, selamat ulang tahun. Saya sangat mencintaimu,'' ucapnya.

Inarritu dalam pidato kemenangannya juga memuji komitmen DiCaprio selama bekerja dengannya. Dia juga mempersembangkan piala tersebut untuk sang istri, Maria Eladia. Sebab, pada 15 Februari, Inarittu dan sang istri merayakan hari jadi ke-24.

Sebenarnya, bukan hanya DiCaprio yang meraih aktor terbaik dalam deretan penghargaan awal tahun ini. Brie Larson, pemeran utama Room, juga menorehkan namanya sebagai penyabet aktris terbaik dalam Golden Globes, SAG Awards, Critics' Choice Awards, hingga BAFTA Awards kemarin.

Nama baru dalam BAFTA Awards adalah John Boyega yang memenangi kategori EE rising star yang dipilih masyarakat lewat voting. Boyega memang menjadi ''rising star'' sejak memerankan Finn dalamStar Wars: The Force Awakens.

Film lain yang berjaya di awal tahun ini adalah Mad Max: Fury Road. Pada awal tahun, film yang disutradarai George Miller tersebut mendapat banyak piala dari dua penghargaan. Yaitu Critics' Choice Awards dan BAFTA Awards. Dalam BAFTA Awards, Mad Max menggondol piala untuk kategori penata make-up dan rambut terbaik, desain kostum terbaik, desain produksi terbaik, sertaediting terbaik. Sementara itu, dalam Critics' Choice Awards, Mad Max dengan agresif mengambil sembilan penghargaan.
 (reuters/ina/c19/jan/flo/jpnn) 

 


LONDON - Film drama karya sutradara Meksiko, Alejandro G. Inarritu, semakin menunjukkan taji lewat penghargaan. Terbaru, The Revenant menggondol


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News