Film Sejarah Dominasi Festival Film Bandung Ke-27

Film Sejarah Dominasi Festival Film Bandung Ke-27
Film Sejarah Dominasi Festival Film Bandung Ke-27

jpnn.com - BANDUNG - Penyelenggaraan Festival Film Bandung (FFB) yang rutin digelar Forum Film Bandung kembali menghadirkan sesuatu yang berbeda.

Di ajang FFB ke-27 Tahun 2014, film-film yang masuk penilaian didominasi film sejarah. Sebut saja Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk, Soekarno, Sang Kiai, Sokola Rimba dan Adriana yang kelimanya masuk nomine Film Terpuji FFB 2014.

"Tahun ini banyak film sejarah, ada Sang Kiai, Soekarno kemudian yang berdasarkan karya sastra, saya rasa ini ada kesadaran dari para produser yang berani membuat film dengan dana besar. Padahal jauh sebelunnya takut rugi. Seperti dulu film Sang Pencerah," ujar Ketua Pelaksana FFB 2014, Eddy D. Iskandar, kepada Radar Bandung (Grup JPNN), usai acara Pengumuman Nominasi Film dan Nara Film Terpuji FFB 2014, di Padepokan Mayang Seni, Bandung (12/8).

Sementara itu, Wagub Jabar Deddy Mizwar berharap, dengan konsistensi Forum Film Bandung yang rutin memberi penghargaan kepada insan film tanah air, berharap perfilman nasional  bergeliat lagi. "Saat ini film sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Kalau dulu saat saya mulai terjun ketika membuat film harus pake seluloid,  tapi sekarang lebih canggih pakai HP pun bisa buat film sendiri, kemudian dimasukan dalam youtube," papar Wagub.

Menurut Demiz, kiprah film nasional sekarang mengalami pasang surut, bahkan sempat tenggelam di era 90-an "Saya sangat mengapresiasi FFB yang rutin digelar setiap tahun. Karenanya Pemprov Jabar, pada tahun ini rencanaya  membuat kegiatan  Festival Film Pendek (FFP)," imbuhnya.

Sementara nominasi kategori terpuji lain, di antaranya, Pemeran Wanita, Pemeran Pria, Sutradara dan Skenario Terpuji. Selain penghargaan untuk film, akan diberikan penghargaan untuk pekerja sinetron dan film televisi, serta Film Asing. Proses penilaian sejak 1 Mei 2013 hingga 31 Juli 2014, dengan jumlah 123 judul film nasional dan 160 film impor. Sedangkan sinetron sebanyak 108 episode/judul dan 360 judul Film Televisi. (nto)


BANDUNG - Penyelenggaraan Festival Film Bandung (FFB) yang rutin digelar Forum Film Bandung kembali menghadirkan sesuatu yang berbeda. Di ajang FFB


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News