Filosofi Bersepeda Bangkitkan Semangat Pegowes di Langkat

Filosofi Bersepeda Bangkitkan Semangat Pegowes di Langkat
Suasana start di Sepeda Nusantara Etape Amir Hamzah di Langkat, Sumatera Utara. Foto: TIm Media Sportif Deputi III Kemenpora

jpnn.com - Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Kemenpora Joni Madrizal melepas peserta Sepeda Nusantara Etape Amir Hamzah di depan Kantor Bupati Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Minggu (14/10).

Ada filosofi besar yang harus diambil dari ajang Sepeda Nusantara ini. Yakni, pelajaran tak mudah menyerah, terus bergerak, dan menjaga keseimbangan agar sepeda bisa terus melaju dengan lancar.

"Apalagi semua sejak kecil saat belajar mengenderai sepeda jatuh bangun berkali-kali tidak membuat kita kapok sampai akhirnya benar-benar bisa bersepeda," kata Joni.

Bersepeda bagi warga Stabat, Langkat, Sumatera Utara sudah biasa. Tetapi pagi ini menjadi luar biasa. Pasalnya, sekitar 2.000 pesepeda dari berbagai komunitas di Sumatera Utara berkumpul, bersepeda bersama.

Sejak pagi warga telah berjajar rapi menunggu bendera start diangkat. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Langkat Indra Shalahudin dan Joni Madrizal melepas peserta Sepeda Nusantara diiringi sirine manual dari pesepeda onthel.

Kegiatan Sepeda Nusantara diberbagai pelosok tanah air ini terwujud berkat kolaborasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dibawah kepemimpinan Menpora Imam Nahrawi, Kedeputian Pembudayaan Olahraga dan Pemerintah Kabupaten/kota.

"Selain bersepeda santai, melalui program ini terdapat 15 atlet sepeda yang menjalani program jelajah Nusantara guna menggairahkan masyarakat terhadap olahraga bersepeda. Dan ada ratusan kota yang siap menjadi tuan rumah penyelenggara Sepeda Nusantara. Kami berharap program ini kembali ke mari tahun depan," tegasnya.

Indra juga mengaku bangga Kabupaten Langkat telah dipercaya sebagai tuan rumah Sepeda Nusantara, apalagi ini merupakan ranggkaian program nasional dibawah payung Ayo Olahraga, yaitu membudayakan olahraga di masyarakat dengan prinsip 5 M (murah, meriah, menarik, mudah dan manfaat). (dkk/jpnn)

Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Kemenpora Joni Madrizal melepas peserta Sepeda Nusantara Etape Amir Hamzah di depan Kantor Bupati Langkat, Sumut, Minggu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News