FINAL GEAR BEKAS: Lebih Variatif Buat Tromol Custom

FINAL GEAR BEKAS: Lebih Variatif Buat Tromol Custom
FINAL GEAR BEKAS: Lebih Variatif Buat Tromol Custom. Foto Ototrend/JPNN.com

jpnn.com - Tempat pembuangan sampah tak selamanya menjadi tempat terakhir bagi barang bekas. Seperti halnya gear belakang yang telah aus. Dengan sedikit sentuhan, gear yang tak terpakai lagi itu bisa juga dimanfaatkan menjadi tromol yang cukup menarik nan kreatif.

Untuk proses pembuatannya sendiri terbilang cukup mudah. Dengan memanfaatkan 2 buah gear bekas dan tromol becak, 1 buah tromol variatif bisa tercipta.

“Gear bekas yang dipakai, bisa dari merk apapun. Namun akan lebih bagus jika untuk satu motor, gear yang digunakan satu merk, lantaran memiliki ukuran serta motif yang sama,” ujar Monoth dari Exs Monoth Mojosari-Mojokerto, yang saat itu menggunakan gear milik motor bebek Yamaha kepada Tabloid Ototren (Jawa Pos Group).

Langkah awal adalah dengan menghilangkan gigi-gigi pada gear dengan menggunakan alat las yang dilanjutkan dengan proses penghalusan dengan menggunakan mesin gerenda. Sedangkan pembuatan lubang jeruji bisa menggunakan alat bor.

“Agar jarak lubang satu dengan yang lainnya sama, biasanya saya menggunakan alat bantu berupa kertas mal,” ungkap Monoth.

Begitu kedua gigi pada gear telah hilang atau rata, maka bisa dilanjutkan dengan proses penyambungan dengan tromol becak, dengan bantuan alat pengelasan. Saat proses penyambungan, usahakan lubang jeruji pada bekas gear itu sejajar dengan gear yang satunya.

Setelah proses penyambungan usai, bisa dilanjutkan dengan proses pendempulan pada sisi dalam untuk menutupi bekas pengelasan atau penyambungan antara tromol becak dengan gear bekas. Selamat mencoba!!! (kih/ototrend/jpnn)

 


Tempat pembuangan sampah tak selamanya menjadi tempat terakhir bagi barang bekas. Seperti halnya gear belakang yang telah aus. Dengan sedikit sentuhan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News