Fokus Hadapi Tuan Rumah , Bustomi dan Bayu Dicoret

Fokus Hadapi Tuan Rumah , Bustomi dan Bayu Dicoret
Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl dan asistennya, Wolfgang Pikal. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Lengkap sudah skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia untuk ajang AFF Suzuki Cup 2014. Bayu Gatra dan Ahmad Bustomi akhirnya dengan berat hati dicoret Alfred Riedl menyusul rekannya Irfan Bachdim yang terlbih dulu tersingkir karena cedera.

 

Tereliminasinya tiga pemain tersebut menggenapi 22 pemain ditambah satu penjaga gawang cadangan yang akan diboyong ke Vietnam untuk mengikuti laga awal babak penyisihan grup Piala AFF.

Di Vietnam, tepatnya Kota Hanoi, Indonesia akan menghadapi Vietnam (22/11), Filipina (25/11), dan Laos (28/11).
 
Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl sebagaimana disampaikan asistennya, Wolfgang Pikal, tak mudah untuk mencoret Bustomi dan Bayu. Keduanya dianggap memiliki kemampuan yang sama baiknya dengan 22 pemain terpilih.

Hanya saja, kedua pemain terpaksa dicoret karena penampilan keduanya tidak mengalami peningkatan signifikan.
 
“Tadi pagi (kemarin) Alfred Riedl mengumumkan Bayu Gatra dan Ahmad Bustomi dicoret. Mereka berdua sebenarnya pemain bagus, namun keputusan ini harus kami lakukan mengingat hanya 22 pemain ditambah satu penjaga gawang cadangan saja yang akan kami bawa,” ungkap Pikal.
 
Sebaliknya, gelandang muda Evan Dimas diikutsertakan dalam pertempuran bergengsi antarnegara Asia Tenggara tersebut. Mantan kapten Timnas U-19 itu dianggap memiliki visi permainan yang baik dengan kondisi fisik paling baik di antara 22 pemain lainnya. Tak hanya itu, Evan juga berhasil mencetak gol di laga debutnya saat jumpa Timor Leste (12/11).
 
Satu hal yang menjadi persoalan Garuda Sakti, julukan Timnas, sebelum menghadapi Vietnam adalah koordinasi lini belakang yang belum kompak juga transisi permainan tim dari bertahan menyerang dan sebaliknya. Kondisi fisik mayoritas pemain yang tidak bugar pun menjadi permasalahan akut jelang laga.
 
“Dengan skuad yang ada sekarang, kami langsung fokus menghadapi Vietnam,” terang Pikal lagi. Persoalan taktik permainan tim akan menjadi menu utama Riedl untuk menutupi kelemahan fisik pemain saat hadapi Vietnam.
 
Riedl pun mengakui telah mempelajari permainan Vietnam. Dalam kunjungannya ke Vietnam beberapa waktu lalu, saat Vietnam lakukan uji coba, Riedl berkesimpulan tim yang pernah dibesutnya itu punya kecepatan jauh baik dari Indonesia. Karenanya, Riedl menggunakan filosofi menyerang untuk bertahan.
 
“Kami memiliki sedikit kekurangan di lini belakang, sementara Vietnam merupakan tim kuat. Mereka terlihat bagus dalam penguasaan bola dan menyerang dengan baik. Vietnam terfavorit di grup A (grup Indonesia),” terang Riedl. (abd)
 
Berikut 22 + 1 Pemain Indonesia untuk AFF 2014

Penjaga Gawang : Kurnia Meiga Hermansyah, I Made Wirawan, Dian Agus Prasetyo (sebagai cadangan jika ada penjaga gawang cidera).

Bertahan : Zulkifili Syukur, Supardi Nasir Bujang, Muhammad Roby, Achmad Jufriyanto, Victor Chukwuekezie Igbonevo, Fachrudin Aryanto, Rizki Rizaldi Pora, Manahati Lestusen.

Gelandang Bertahan: Rapahel Maitimo, Emanuel Wanggai, Hariono, Firman Utina.

JAKARTA – Lengkap sudah skuad Tim Nasional (Timnas) Indonesia untuk ajang AFF Suzuki Cup 2014. Bayu Gatra dan Ahmad Bustomi akhirnya dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News