Rabu, 26 Juni 2019 – 10:56 WIB

Ford Fiesta, Seksi dan Dinamis

Jumat, 30 Juli 2010 – 08:33 WIB
Ford Fiesta, Seksi dan Dinamis - JPNN.COM

JAKARTA - Ford Motor Indonesia (FMI) kembali memperkenalkan model terbarunya, Ford Fiesta yang mengusung penampilan dinamis dan kaya fitur canggih. Peluncuran varian baru Ford ini berbarengan dengan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 di Kemayoran, Jakarta. Jadi, bagi penggila Ford dan yang masih penasaran, wajib untuk melihat lebih dekat di Kemayoran.

Ford Fiesta memang diperkenalkan dengan semangat yang disebut ‘demokratisasi teknologi otomotif’. Yakni, premis teknologi otomotif yang sebelumnya hanya bisa ditemukan pada mobil-mobil premium, tapi kini bisa dinikmati pada mobil-mobil yang diproduksi secara massal dengan harga terjangkau. Salah satu di antaranya adalah teknologi dual clutch powershift dan voice command. Tadinya,  teknologi seperti ini hanya ada di mobil premium, sekarang diterapkan di Ford Fiesta.

Istilah ‘demokratisasi teknologi otomotif’ merupakan pengembangan dari tema besar yang diusung Ford yaitu Feel the Difference. Pada 1908 Ford berhasil melakukan ‘demokratisasi transportasi personal’ dengan memproduksi model T yang kala itu pertama kali diproduksi dengan teknologi assembling. Dengan teknologi itu, Ford model T diproduksi dengan ongkos yang lebih rendah dibandingkan biaya produksi mobil waktu itu. Karena biaya lebih rendah, maka harga jual menjadi terjangkau bagi kalangan menengah. Banyak orang menikmati transportasi personal dengan mobil. Perlu diketahui, pada massa itu , yang bisa memiliki mobil di Amerika Serikat hanya kalangan atas.
 
Salah satu pesona Ford Fiesta ini bisa dirasakan saat melihat rangkaian tombol menu dan angka yang disajikan pada interior yang didesain seperti telepon genggam atau mobile logic. Dengan desain mobile logic diharapkan pengguna Fiesta langsung merasakan kesan natural dengan interiornya karena telepon genggam sudah menjadi bagian hidup sehari-hari pelanggan.

Davy Tuilan, Marketing Director PT FMI mengatakan, dengan tombol-tombol yang menyerupai ponsel itu, pengemudi dijamin tak kesulitan saat mengoperasikannya. “Diharapkan saat memakai mobil ini mereka sudah familiar dengan teknologi yang mereka pakai sehari-hari,” katanya di Jakarta, Kamis (29/7).
Tak berhenti sampai di situ.

Davy mengupas lebih dalam pesona lain yang disajikan Fiesta. Menurut dia, cara mengoperasikan Fiesta laiknya mengendarai mobil mewah. Sebab, Ford Fiesta dilengkapi dengan fasilitas voice command.  “Padahal, tadinya, Voice command hanya ada di mobil premium. Itu pun hanya terbatas pada satu brand. Nah, sekarang dengan harga sangat terjangkau, pengguna Fiesta sudah bisa menikmati teknologi voice command,” ungkapnya.

Teknologi ini memungkinkan pengguna mengoperasikan radio, CD Player, ipod, iphone, dan bahkan telepon hanya dengan perintah suara. Dengan satu sentuhan pada satu tombol, fitur hiburan dan sistem komunikasi dapat diatur melalui perintah suara. “Dengan fasilitas voice command ini, bila kita ingin mendengarkan radio, maka mobilnya akan menanyakan bandwithnya apa, channel berapa, maka secara otomatis mobil akan mencari,” ujarnya. Namun sistem ini hanya bisa dioperasikan dalam bahasa Inggris.

Tidak hanya itu. Ford Fiesta memiliki sistem lain yang akan membuat pengguna takjub yaitu Mobile Phone Logic, Bluetooth Phone Connection, USB Guide, dan AUX in. Jadi,  bagi yang suka menelepon sambil mengendarai mobil, dengan Fiesta dapat dilakukan dengan lebih aman dan nyaman. Mereka bisa melakukan panggilan telepon dengan memberi perintah melalui fasilitas voice command pada saat telepon genggam mereka sudah terkoneksi ke Fiesta melalui koneksi bluetooth.

Sementara itu, dari sisi eksterior, desain Ford Fiesta tergolong seksi dan dinamis. Konsep kinetic design yang menjadi ciri khas mobil-mobil besar dalam keluarga Ford juga diadopsi di Fiesta. Dalam posisi berhenti, kesan mobil tetap bergerak akan muncul berkat konsep kinetic design yang tampak dalam lengkungan garis bodi yang tegas dengan trim berbagai warna. Konsep ini diperkuat oleh bentuk grill yang sporty, lampu utama berbentuk wrap-around, dan wheel arches yang tegas.

Jika ditengok pada rangka bodi, Fiesta 55 persen menggunakan baja Boron yang lebih ringan tapi juga lebih kuat daripada baja biasa. “Sehingga pada saat terjadi benturan, kabin Fiesta relatif lebih aman,” ucapnya. Bahkan, bentuk yang aerodinamis itu juga diklaim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. “Karena bahan ringan, maka ia akan mengurangi berat kendaraan. Efeknya konsumsi bahan bakar bisa lebih irit,” imbuhnya.

Fiesta Ford memiliki dua mesin. Pertama, 1.400 cc Duratec DOHC Ti-VCT 16 katup dengan menghasilkan 95 dk pada 5.750 rpm dan torsi 128 Nm pada 4.200 rpm.

Kedua, mesin 1.600 cc Duratec DOHC, Ti-VCT 16 katup menciptakan 120 dk pada 6.000 rpm dengan torsi 152 Nm di 4.050 rpm. Transimisinya juga tersedia dalam bentuk manual dan otomatis. Versi matic bisa disetting sebagai tuas manual empat gigi tanpa kopling.

Soal harga, Davy mengungkapkan, ada empat varian harga Ford Fiesta, type 1.4L Style (manual) Rp 167 juta, 1.4L Trend (manual) Rp 177 juta, 1.4L Trend (automatic) Rp 187 juta, dan 1.6L Sport dengan PowerShift, Rp 215 juta. “Itu merupakan harga perkenalan. Tentu nanti akan ada perubahan,” kata Davy. Dengan harga ini, Ford Fiesta akan menjadi pesaing berat bagi merek lain di kelas City Car atau B-car.
Ford Fiesta juga menawarkan warna-warna yang belum pernah ada di Indonesia seperti chili orange, highlight silver, black mica, sparkling gold, phantom purple, dan true red. Selama ajang IIMS, kata Davy, pihaknya membuat program test drive dengan menyediakan empat tipe Ford Fiesta sekaligus. “Animo test drive Fiesta cukup tinggi. Pada Sabtu dan Minggu pekan lalu, misalnya, para pelanggan harus mengantre kurang lebih 30 menit untuk dapat melakukan test drive"

Sampai hari kelima ajang otomotif terbesar di Indonesia itu, PT FMI terjual laris manis. Setidaknya FMI telah berhasil mengumpulkan penjualan sebanyak 180 unit. Yang menarik, 90 persen di antaranya datang dari Fiesta. Dan voice command menjadi salah satu fitur paling diminati. Sejak peluncuran, jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sudah mencapai 460 unit. Ditambah pesanan baru di ajang IIMS 2010 sebanyak 150 unit.

Bukan Cuma itu, Fiesta juga berhasil menggondol tiga penghargaan dari majalah Car & Tuning Guide yang. Dua di antaranya digondol Fiesta. Penghargaan pertama didapatkan dari nomor Best Dressed Up. Yang kedua untuk Convenience Features. Satu satu penghargaan lainnya untuk Best Eco Technology Engine karena seluruh mobil Ford yang dipamerkan pada IIMS 2010 sudah kompatibel dengan bahan bakar ramah lingkungan E20 (Ethanol 20 persen) dan B5 (Biosolar 5 persen). (lum)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar