Formasi 1 Juta PPPK Tidak Tercapai, MenPAN-RB Isi dengan Guru Agama

Formasi 1 Juta PPPK Tidak Tercapai, MenPAN-RB Isi dengan Guru Agama
Menpan-RB Tjahjo Kumolo. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengakui formasi 1 juta guru PPPK atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja 2021 tidak terpenuhi.

Padahal, pemerintah sudah melakukan sosialisasi sejak jauh hari untuk pengajuan usulan formasi tersebut.

"Deputi saya sampai menagih ke pemda, mana, mana itu kebutuhan formasi CPNS maupun PPPK tetapi ternyata tidak semua yang mengajukan usulan. Sebanyak 1 juta PPPK guru saja enggak tercapai, kan, kuotanya," kata Tjahjo dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR, Selasa (8/6).

Menurutnya, khusus formasi 1 juta guru PPPK pihaknya sempat didatangi pejabat Kementerian Agama (Kemenag) serta sejumlah kepala daerah. Mereka meminta formasi guru agama.

"Direktur Pendidikan Agama Katolik bilang kalau sekolah-sekolah Katolik, 60 persennya beragama Islam sehingga beliau bertanya bisa tidak mendapatkan PPPK guru agama Katolik," ungkapnya.

Menurutnya, karena memang dibutuhkan, maka KemenPAN-RB pun memberikan formasi PPPK guru agama Katolik.

Begitu juga sejumlah kepala daerah yang minta formasi guru agama, juga diberikan.

"Karena daerah mengusulkan kebutuhan PPPK guru tidak banyak, padahal kebutuhan guru di daerah banyak. Akhirnya, usulan Kemenag untuk PPPK guru agama madrasah dan sekolah umum kami masukkan," jelasnya.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengatakan formasi 1 juta guru PPPK tidak terpenuhi. Menurut dia, usulan daerah untuk kebutuhan guru PPPK tidak banyak, sehingga usulan Kemenag untuk formasi guru agama dipenuhi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News