Formasi 161 CPNS, Pelamar Berijazah Cumlaude 906 Orang

Formasi 161 CPNS, Pelamar Berijazah Cumlaude 906 Orang
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Kendari Pos/JPG/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 22.006 pelamar CPNS Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dinyatakan lolos seleksi administrasi tahun 2017.

Yang menarik, dari jumlah tersebut terdapat 906 sarjana S1 maupun S2 lulusan terbaik (cumlaude). Jumlah sarjana cumlaude tersebut jauh di atas formasi yang dibuka untuk lulusan terbaik sebanyak 161 orang.

"Kami bersyukur karena banyak lulusan cumlaude yang melamar dan lolos seleksi administrasi," kata Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian ATR/BPN Gunawan Muhammad, Kamis (12/10).

Menurut Gunawan, pihaknya telah mengumumkan nama-nama pelamar CPNS yang lolos seleksi administrasi.

Dari formasi sebanyak 1.610, pelamar yang lolos seleksi administrasi mencapai 22.006 orang. Artinya, setiap kursi CPNS di Kemenetrian ATR/BPN diperebutkan lebih dari 13 orang.

Rasio ini tidak merata di seluruh empat jabatan yang dibuka. Jabatan Analis Permohonan Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah, persaingannya paling ketat.

Sebanyak 17.198 pelamar dari kualifikasi S1 maupun S2 Hukum harus bersaing untuk memperebutkan 533 formasi yang dibuka, atau satu kursi diperebutkan oleh 31 orang.

Untuk jabatan Analis Penetapan Hak atas Tanah yang dibuka untuk S2 Hukum/Kenotariatan, sebanyak 522 pelamar dinyatakan lolos seleksi administarsi untuk memperebutkan 37 kursi, atau 14 pelamar memeprebutkan satu kursi.

Jumlah sarjana cumlaude jauh di atas formasi CPNS yang dibuka untuk lulusan terbaik sebanyak 161 orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News