Formasi CPNS Sopir dan Office Boy Dihapus

Formasi CPNS Sopir dan Office Boy Dihapus
Formasi CPNS Sopir dan Office Boy Dihapus
JAKARTA--Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) beranggapan, kini bukan zamannya lagi sopir dan office boy menjadi PNS. Kedua profesi yang sebelumnya berpeluang besar menjadi CPNS itu, kini formasinya sudah ditiadakan. Alasannya, demi peningkatan kualitas aparatur negara.

"Sebelumnya, lulusan SD dan SMP bisa jadi PNS. Entah itu ditempatkan sebagai sopir, kurir, satpam tenaga kebersihan atau lainnya. Tapi sekarang tidak bisa lagi, meskipun ada daerah yang meminta," tegas Deputi SDM bidang Aparatur Kemenpan-RB Ramli Naibaho kepada wartawan di kantornya, Jumat (28/1).

Bila daerah membutuhkan tenaga sopir, office boy, satpam atau pekerjaan sejenisnya, kata Ramli, pemda disilakan untuk menyerahkannya ke rekanan lewat jalur outsourching. Dengan cara ini, pemda tidak terbebani membayar gaji PNS yang notabene ada hitung-hitungannya sendiri.

"Kalau tenaga outsourching kan sudah ketahuan kinerjanya. Jika jelek, kontrak dengan perusahaannya bisa dihentikan dan ditender lagi. Lain bila mereka PNS, kerjanya jelek atau bagus tetap dipertahankan," terangnya.

JAKARTA--Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) beranggapan, kini bukan zamannya lagi sopir dan office boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News